Cegah Plagiasi Karya Ilmiah, IPB University Latih Mahasiswa Gunakan Manajer Referensi

Senin, 04 Juli 2022 - 16:33 WIB
loading...
Cegah Plagiasi Karya Ilmiah, IPB University Latih Mahasiswa Gunakan Manajer Referensi
Mahasiswa IPB University mengikuti pelatihan penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang digelar Pusat Kajian Resolusi Konflik (CARE) IPB University. Foto/Dok/Humas IPB
A A A
JAKARTA - Referensi merupakan hal yang sangat penting dalam penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Kualitas KTI yang baik antara lain dapat dinilai dari referensi yang digunakan. Seiring perkembangan teknologi, penulis KTI dapat memanfaatkan manajer referensi sebagai alat untuk mengelola referensi dan pencantuman kutipan.

“Penggunaan manajer referensi ini selain dapat mempermudah penulis KTI dalam pengelolaan referensi juga dapat mencegah praktik plagiarisme ,” papar Adi Firmansyah, SP MP, Peneliti Pusat Kajian Resolusi Konflik (CARE) IPB University dalam Pelatihan Manajemen Referensi KTI, Senin (4/7/2022).

Baca juga: 3 Mahasiswa UMM Lulus Kuliah Tanpa Skripsi berkat Film Dokumenter

Pelatihan ini diselenggarakan secara daring oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA (UHAMKA), di Jakarta.

Menurutnya, salah satu bagian KTI mahasiswa yang masih sering terjadi kesalahan adalah pada bagian kutipan dan daftar pustaka. Kadang di bagian isi tulisan ada kutipannya, namun tidak tercantum di daftar pustaka dan kadang terjadi sebaliknya.

“Kesalahan lain juga seringkali terjadi dalam kaidah penulisan daftar pustakanya. Untuk mengurangi berbagai kesalahan tersebut, mahasiswa/penulis sebaiknya menggunakan manajer referensi,” ujar Adi yang juga mahasiswa Program Doktor Ilmu Komunikasi Pembangunan Sekolah Pascasarjana IPB University ini.

Baca juga: 7.539 Peserta Seleksi Mandiri IPB University Ikuti Ujian Secara Online

Lebih lanjut, Adi mengatakan bahwa manajer referensi akan mempermudah dan mempercepat mahasiswa dalam membuat kutipan dan daftar pustaka. Manajer referensi juga dapat mengurangi kesalahan dalam penulisan pustakanya.

“Secara umum, manajer referensi berguna untuk penyimpanan dan penataan referensi, pengaksesan literatur, penulisan kutipan, pengolahan dokumen referensi yang dimiliki, pengelompokan berdasarkan topik/kategori tertentu, dan pembuatan daftar pustaka secara otomatis dengan beragam style,” tuturnya.

Adi mengatakan bahwa salah satu manajer referensi yang banyak digunakan saat ini adalah Mendeley. Adapun langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi Mendeley, yaitu download aplikasi mendeley secara gratis di laptop/PC, buat akun dan lakukan registrasi Mendeley, install MS Word plugin untuk mengkoneksikan Mendeley dengan MS Word, lakukan pencarian referensi sesuai topik penelitian yang dibutuhkan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1210 seconds (10.101#12.26)