Cegah Plagiasi Karya Ilmiah, IPB University Latih Mahasiswa Gunakan Manajer Referensi

Senin, 04 Juli 2022 - 16:33 WIB
loading...
A A A
“Kemudian input referensi terpilih ke Library Mendeley. Dan Mendeley siap digunakan pada MS Word untuk membuat kutipan dan daftar pustaka,” jelasnya.

Mariana, salah satu peserta pelatihan yang merupakan mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UHAMKA mengaku sangat senang mengikuti pelatihan ini. Materi pelatihan terkait manajemen referensi dengan Mendeley sangat berguna dan akan ia terapkan selepas pelatihan ini. Terlebih saat ini ia sedang menyusun tugas akhir penelitian.

“Narasumber menyampaikan materi dengan sangat jelas dan para peserta dipandu dan diberi kesempatan untuk melakukan praktik penggunaan Mendeley dalam pelatihan ini. Saya akan menerapkan metode ini selepas saya mengikuti pelatihan,” ujar Mariana.

Hal yang sama disampaikan Farida Hariyati, SIP, MIKom, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi UHAMKA. “Materi yang disampaikan tadi sangat penting untuk para mahasiswa dalam rangka meningkatkan kualitas karya tulis ilmiahnya,” ungkapnya.
Lebih lanjut Farida mengatakan bahwa di UHAMKA penggunaan manajer referensi (seperti Mendeley) belum diwajibkan dalam tugas akhir skripsi. Namun ia menghimbau kepada para mahasiswa untuk memanfaatkan aplikasi ini.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2266 seconds (0.1#10.140)