Tingkatkan Skill dan Talenta Unggul bagi para Pegiat Literasi Digital Sektor Pendidikan

Senin, 04 Juli 2022 - 17:03 WIB
loading...
Tingkatkan Skill dan Talenta Unggul bagi para Pegiat Literasi Digital Sektor Pendidikan
Gerakan Nasional Literasi Digital SiberKreasi menggelar seminar online dengan topik ‘Cakap Bermedia Sosial, Membangun Personal Branding Pegiat Literasi di Era Digital’. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Berdasarkan data survei Indeks Literasi Digital Indonesia 2021 yang dihimpun oleh Katadata Insight Center, status literasi digital Indonesia masih berada di level sedang dengan skor 3.49 dari skala 5.

Survei itu turut mengukur perilaku masyarakat dalam mengakses internet yang lebih banyak dilakukan melalui gawai untuk memperoleh informasi dari media sosial . Di tahun yang sama, We Are Social mencatat data pengguna media sosial di Indonesia pada 2021 mencapai 107 juta pengguna atau sekitar 61.8% dari total populasi masyarakat Indonesia.

Baca juga: 3 Mahasiswa UMM Lulus Kuliah Tanpa Skripsi berkat Film Dokumenter

Merespon hal itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital SiberKreasi menggelar seminar online dengan topik ‘Cakap Bermedia Sosial, Membangun Personal Branding Pegiat Literasi di Era Digital’.

Pada webinar ini, SiberKreasi, khususnya sektor pendidikan Jawa Tengah dan DIY, fokus pada salah satu pilar utama yang dicanangkan oleh Kementerian Kominfo dalam program Indonesia Makin Cakap Digital, yaitu Digital Skills atau Cakap Bermedia Digital untuk menyiapkan talenta digital Indonesia yang unggul dan berdaya.

Webinar ini dimoderatori oleh Ryan Anggara. Menghadirkan tiga narasumber untuk memberi pemahaman menggunakan aplikasi media sosial secara maksimal. Khususnya bagi pegiat literasi di era digital di sektor pendidikan.

Baca juga: 7.539 Peserta Seleksi Mandiri IPB University Ikuti Ujian Secara Online

Narasumber pertama, Fikri Andhika, Fundraising & Partnership Director Next Generation (NXG) Indonesia dan Tim Penyusun Kurikulum Makin Cakap Digital Siberkreasi Kominfo.

Narasumber kedua, Fithrianti ST., Digital Personal Branding Specialist. Narasumber ketiga, Aidil Wicaksono J., Google Trainer dan Dosen Universitas Gunadarma.

Setelah dibuka oleh moderator dan video sambutan dari Semuel Abrijani Pengerapan, kegiatan dilanjutkan oleh Fikri Andhika untu pemateri pertama dengan materi Etis Bermedia Digital.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1134 seconds (10.177#12.26)