7 Profesi di Industri Animasi Selain Animator dengan Prospek Kerja Tinggi

Kamis, 07 Juli 2022 - 10:31 WIB
loading...
7 Profesi di Industri Animasi Selain Animator dengan Prospek Kerja Tinggi
7 profesi di industri animasi selain animator dengan prospek kerja tinggi. Foto/Brad Clark.
A A A
JAKARTA - Profesi di industri animasi itu bukan sekedar menjadi animator saja. Namun ada sejumlah profesi lain yang bisa menjadi pilihan jika ingin menjadi pekerja kreatif di industri animasi ini.

Namun apakah semua yang bekerja di industri animasi ini harus bisa menggambar? Ternyata tidak juga. Menurut Agus Setiawan, pendiri Forum Animasi Malang (FAM) sekaligus alumni jurusan animasi dari SMKN 4 Malang, Jawa Timur, pada dasarnya animasi merupakan kerja kreatif yang tidak bisa dilakukan seorang diri.

Sehingga, wajar jika banyak profesi yang terlibat dalam industri animasi ini dan tidak semuanya berhubungan dengan menggambar. “Saya saja awalnya tidak bisa menggambar. Dan memang tidak semua profesi di bidang animasi ini harus bisa menggambar,” kata Agus, dikutip dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Kamis (7/7/2022).

Baca: Ini 3 Jurus Jitu Jadi Pemimpin Transformasional ala Elon Musk

Terlebih, dalam pembuatan sebuah animasi juga terbagi dalam tiga tahapan yang saling terkait, yakni pra produksi, produksi, dan juga pasca-produksi. Agus menjelaskan, sedikitnya ada 7 jenis profesi yang berhubungan dengan proses pembuatan karya animasi.

Profesi-profesi ini bisa menjadi pilihan bagi para lulusan vokasi, seperti SMK jurusan animasi. Apa saja profesi tersebut? Berikut tujuh di antaranya:

1. Script Writer

Pembuatan sebuah animasi didasari dari naskah. Seorang script writer bertugas menulis dan mengembangkan naskah yang akan menjadi sebuah cerita yang menarik. Ia harus memastikan keseluruhan cerita, mulai dari alur, karakter, dan sebagainya. Jadi, tidak harus bisa menggambar, kan?

2. Character Designer

Nah, pekerjaan ini memang menuntut kamu untuk bisa menggambar. Karena, seorang character designer bertugas membuat visualisasi desain karakter animasi yang dibuat script writer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3450 seconds (0.1#10.140)