7 Tips Lolos CPNS, Ini yang Perlu Kamu Siapkan!

Kamis, 07 Juli 2022 - 16:13 WIB
loading...
7 Tips Lolos CPNS, Ini yang Perlu Kamu Siapkan!
7 tips lolos CPNS, ini yang perlu kamu siapkan!. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Tips lolos CPNS bisa dicoba bagi kalian yang ingin mencoba menjadi calon abdi negara di berbagai instansi pusat maupun instansi daerah. Ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan selain rajin belajar, kelengkapan dokumen, hingga mengetahui ketentuan nilai ambang batas atau passing grade.

Setiap tahunnya, tes CPNS menarik minat ribuan masyarakat yang ingin bekerja di instansi pemerintah. Adanya anggapan menjadi PNS itu prestis, gaji yang stabil, adanya berbagai tunjangan, dan alasan lainnya sehingga banyak orang yang termotivasi menjadi PNS .

Nah bagi kalian yang ingin menjadi PNS bisa disimak tujuh tips lolos CPNS seperti dikutip dari berbagai sumber berikut ini.

1. Selalu update informasi mengenai CPNS

Informasi mengenai CPNS bisa dicek dari berbagai ketentuan dan syarat yang disediakan Badan Kepegawaian Negara (BKN), KemenPAN RB, atau instansi resmi pemerintah lainnya. Catat juga jadwal penting pendaftarannya agar tidak terlewat melakukan registrasi. Informasi juga perlu dipantau jika pemerintah melakukan perubahan ketentuan yang akan sayang jika dilewatkan.

Baca: Ini 3 Jurus Jitu Jadi Pemimpin Transformasional ala Elon Musk

2. Siapkan dan lengkapi dokumen yang diperlukan

Mengingat tes CPNS ada seleksi administrasi maka kelengkapan dokumen merupakan syarat mutlak. Pastikan kalian sudah menyiapkan seluruh kebutuhan dokumen untuk pendaftaran dengan lengkap. Jangan lupa, pastikan lagi apakah semua dokumen tersebut valid dan tepat sesuai persyaratan yang ditetapkan oleh instansi dan formasi yang dibuka.

3. Buat jadwal belajar dan rajin latihan soal

Tips lolos yang ketiga adalah buatlah jadwal belajar untuk bisa mengasah soal-soal ujian. Biasanya tes CPNS akan menguji Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan 3 materi yang diujikan seperti Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Juga ada Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Maka luangkanlah waktu untuk belajar intensif untuk berlatih soal, mempelajari kisi-kisi, hingga membaca berbagai materi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1157 seconds (11.97#12.26)