Pelajar Indonesia Sabet Juara Kompetisi Sains Internasional dari Thailand

Kamis, 07 Juli 2022 - 23:44 WIB
loading...
Pelajar Indonesia Sabet Juara Kompetisi Sains Internasional dari Thailand
Pelajar Indonesia juara 2 di kompetisi sains internasional di ajang Asean Student Science Project Competition (ASPC) 2022 di Thailand. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pelajar Indonesia memperoleh juara 2 di kompetisi sains internasional di ajang Asean Student Science Project Competition (ASPC) 2022 di Thailand. Salah satunya, Siswa madrasah dari MAN Insan Cendekia Gorontalo Farrel Aryo W.

"Adalah tugas kami untuk menjembatani potensi talenta muda muda Indonesia menduniakan riset dan inovasi nasional," kata Deputi Sumber Daya Manusia Badan Riset dan Inovasi Nasional ( BRIN ) Edy Giri Rachman, Kamis (7/7/2022).



Dalam kompetisi di jaringan itu, Farrel memperoleh juara 2 kategori Sains Terapan dengan karya ilmiahnya 'Wrist Strap Innovation for Body Temperature (oC), Heart Rate (Bpm), & Oxygen Saturation Level (%Spo2) Real-Time Monitoring Using Photoplethysmograph Method'.

Selain itu, pelajar Vania Anindita dan Najikha Aaliyah dari SMA IT Al Irsyad Purwokerto mendapatkan penghargaan the Consolation Prize kategori bidang ilmu Biologi dengan karya ilmiahnya 'Analysis of the Potential of Mangostin Compounds as Glycoprotein Inhibitors 2019-nCOV Based on Computational Chemistry Approach: Molecular Docking'.

Para pelajar tersebut merupakan pemenang kedua Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) BRIN yang digelar pada Oktober 2021.



Mereka mendapat bimbingan dari peneliti BRIN dan tim Pembinaan Kader Talenta Muda Manajemen Talenta BRIN untuk persiapan kompetisi ASPC 2022.

Asean Student Science Project Competition (ASPC) merupakan lomba karya ilmiah internasional yang diperuntukkan bagi para siswa SMA/Sederajat di kawasan Asia Tenggara.

ASPC 2022 diikuti oleh total 46 karya ilmiah dari enam negara di Asia Tenggara yang dibagi dalam empat kategori, yakni proposal penelitian serta karya ilmiah penelitian bidang ilmu biologi, fisika, dan terapan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4523 seconds (0.1#10.140)