4 Tips Dapat Kerja untuk Fresh Graduate ala Pakar HR

Jum'at, 08 Juli 2022 - 12:47 WIB
loading...
4 Tips Dapat Kerja untuk Fresh Graduate ala Pakar HR
4 tips dapat kerja untuk fresh graduate ala pakar HR. Foto/Shutterstock.
A A A
JAKARTA - Selepas dari bangku sekolah dan bangku kuliah , para lulusan baru ( fresh graduate ) ini umumnya akan mencari pekerjaan. Namun tak sedikit lulusan baru merasa kesulitan untuk melakukan hal tersebut.

“Para fresh graduate yang akan lulus dari sekolah dan kampus tercinta, setelah lulus nanti anda akan dihadapkan dengan ribuan kesempatan. Bisa bekerja, bisa membuka lapangan kerja, bisa juga mengeksplor banyak hal lainnya. Tapi teman-teman juga akan dihadapkan dengan ribuan pesaing. Inilah kondisi yang kita hadapi bersama,” ujar Ketua Bidang Perkumpulan Praktisi dan Profesional Hubungan Industrial Triaji Lahardi pada webinar SEVIMA, melalui siaran pers, Jumat (8/7/2022).

Baca: Resmi, RUU Pendidikan dan Layanan Psikologi Sah Menjadi Undang-Undang

Untuk menaklukkan tantangan sebagai lulusan baru, Triaji yang juga Pakar HR ini membagikan empat tips sukses mendapat pekerjaan. Berikut tipsnya:

1. Persiapkan Diri Secara Matang dan Sedini Mungkin

Mencari pekerjaan adalah proses yang panjang. Mulai dari membuat lamaran kerja dan Curiculum Vitae (CV), mencari lowongan kerja, hingga proses wawancara. Menurut Triaji, proses tersebut bisa jadi melelahkan dan membuat panik untuk beberapa orang.

Oleh karena itu, tips pertama dari Triaji adalah lulusan baru sebaiknya menyiapkan diri secara matang sejak jauh-jauh hari. Mencari pekerjaan bisa dilakukan sebelum lulus sekolah/kuliah. Sejak di bangku sekolah dan kuliah pun, para pelajar sudah bisa bekerja atau magang.

Membuat CV juga perlu dilakukan sejak jauh-jauh hari. Karena CV yang baik perlu mencantumkan kualifikasi utama (key qualification), yang singkat namun membedakan lulusan baru tersebut dengan lulusan baru lainnya.

Misalnya lulusan akuntansi yang sudah menguasai atau memiliki sertifikasi terkait Pedoman Standar Akuntansi Keuangan, tentu berbeda dengan lulusan akuntansi yang belum menguasai kemampuan tersebut.

“Banyak teman-teman kurang mempersiapkan diri, mau wisuda baru panik dan hunting pekerjaan. Padahal, banyak perusahaan membuka lowongan magang, praktek lapangan, hingga kunjungan atau kerja remote,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1517 seconds (0.1#10.140)