Harus Berpihak ke Murid, Begini Kurikulum Merdeka Belajar Diterapkan

Jum'at, 08 Juli 2022 - 16:25 WIB
loading...
Harus Berpihak ke Murid, Begini Kurikulum Merdeka Belajar Diterapkan
Webinar pembekalan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SMK Telkom Sidoarjo. Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar mestinya lebih banyak berpihak kepada murid. Konsep yang dikembangkan tidak disamaratakan dengan sekolah lain, tapi didasarkan pada kondisi dan kebutuhan siswa di sekolah tersebut.

Hal itu terungkap dalam webinar pembekalan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SMK Telkom Sidoarjo yang menghadirkan pemerhati pendidikan yang juga ketua Yayasan Guru Belajar (YGB) Bukik Setiawan.



Bukik menjelaskan, terdapat tiga hal yang harus dipersiapkan guru untuk menyongsong IKM. Pertama, paradigma yang berpihak pada murid. Sekolah seringkali masih berorientasi pada keseragaman sehingga hanya mengikuti langkah sekolah lain. Upaya yang justru akan menyulitkan sekolah dan guru itu sendiri.

“Misalnya RPP, pakai yang sudah dibuat oleh kelompok tertentu agar bisa seragam dengan yang lain. Padahal belum tentu apa yang dibuat ini sesuai dengan kebutuhan murid kita,” tegas Bukik.

Menurutnya, hal yang paling khas dari Kurikulum Merdeka adalah paradigma berpihak pada murid. Oleh karena itu, perhatian utama guru bukan membuat perangkat ajar yang canggih atau inovatif, tapi membuat perangkat ajar sesuai kebutuhan murid. Bukan fokus pada ATP atau perangkat pembelajaran seperti sebelumnya.



Persiapan kedua yakni keterampilan melakukan asesmen diagnosis atau asesmen di awal pembelajaran. Selama ini, terang Bukik, asesmen hanya digunakan sebagai ujian untuk mendapatkan nilai. Padahal terdapat beragam asesmen dengan masing-masing fungsinya.

Asesmen diagnosis sendiri merupakan asesmen yang berfungsi untuk memahami profil murid sebagai dasar menyusun dan menyesuaikan pembelajaran.

Persiapan IKM ketiga adalah menerapkan diferensiasi pembelajaran sebagai respon atas perbedaan minat, cara belajar, dan kebutuhan belajar murid. “Tidak per individu, tapi bisa dikelompokkan sesuai dengan perbedaan-perbedaan ini,” tukas Bukik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2956 seconds (0.1#10.140)