ITS Gelar Kemah Kerja dan Survei Hidrografi di Waduk Selorejo Malang

Jum'at, 08 Juli 2022 - 22:41 WIB
loading...
ITS Gelar Kemah Kerja dan Survei Hidrografi di Waduk Selorejo Malang
Departemen Teknik Geomatika ITS menggelar Kemah Kerja dan Survei Hidrografi di area Waduk Selorejo, Malang, Jawa Timur. Foto/Dok/ITS
A A A
JAKARTA - Departemen Teknik Geomatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS ) menggelar kegiatan Kemah Kerja dan Survei Hidrografi yang bertempat di area Waduk Selorejo, Malang, Jawa Timur, pada 12-19 Juni 2022.

Kegiatan Kemah Kerja merupakan bentuk kegiatan dari implementasi Tri dharma yang mencangkup Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, hingga Pengabdian Kepada Masyarakat.



Adapun pada kesempatan tersebut, PT Sonar Nusantara Utama, sebagai perusahaan yang mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi. PT Sonar memiliki Tekologi Survei dan Pemetaan yang lengkap baik Udara, Darat, dan Laut.

Kegiatan ini dibuka dengan pelepasan 91 mahasiswa Teknik Geomatika ITS Angkatan 2019 oleh Dr Ir Murni Rachmawati MT selaku Dekan Fakultas Teknik Sipil Perencanaan dan Kebumian (FTSPK) ITS.

"Kegiatan ini sebagai bentuk tindak lanjut dari kerja sama antar perguruan tinggi dalam mewujudkan visi dari sebuah universitas," kata Dr Ir Murni Rachmawati dalam keterangan pers, Jumat (8/7/2022).



Acara pelepasan ini juga dihadiri oleh Direktur Utama Bapak Esha E. Saratoga dan Manager Product Putranto S.B Wardhana dari PT Sonar Nusantara Utama yang merupakan business unit dari PT Kantara Indonesia Group yang bertindak selaku promotor acara ini.

Dukungan yang diberikan oleh PT Sonar dan PT Kantara ini berupakan bentuk realisasi perusahaan rangka menindaklanjuti perjanjian kerja sama antara perguruan tinggi di Indonesia yaitu UNDIP, UGM, dan ITS.

Esha E. Saratoga menyatakan dukungannya dalam kegiatan dan kerja sama khususnya bidang akademik, untuk dapat mengembangkan dari segi keilmuan dan hardskill, sehingga menghasilkan surveyor muda yang berbakat.

Pada kegiatan ini, PT Sonar dari PT Kantara memberikan dukungan alat-alat survei dengan akurasi dan presisi tinggi yang mereka miliki untuk pemetaan Waduk Selorejo.

Seperti Multibeam Echosounder (MBES) iWBMS Norbit, VTOL (Vertical Take Off Landing) yaitu Marlyn Cobalt Atmos UAV, ROV (Remotely Operated Vehicle) Chasing M2 Pro, USV (Unmanned Surface Vehicle) yaitu Discovery Pro, dan juga LiBackPack GreenValley.

Dengan adanya alat dan kegiatan pemetaan tersebut diharapka dapat melestaikan pemeliharaan Waduk Selorejo dan ke depannya dapat menjadi suatu trobosan untuk pemantauan keselamatan dan kesehatan waduk secara berkala.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5408 seconds (0.1#10.140)