Wow, Besaran Bantuan KIP Kuliah per Semester Setara 3 Kali UMR DKI Jakarta

Sabtu, 09 Juli 2022 - 00:12 WIB
loading...
Wow, Besaran Bantuan KIP Kuliah per Semester Setara 3 Kali UMR DKI Jakarta
Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka untuk membantu calon mahasiswa yang terkendala biaya. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kemendikbudristek menyediakan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah untuk membantu calon mahasiswa yang terkendala biaya. Dengan memegang KIP ini maka mereka pun bisa memperoleh hak mendapatkan pendidikan tinggi di jurusan yang diinginkan.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengatakan, KIP Kuliah tidak hanya memberikan keadilan sosial tetapi juga mobilitas sosial yang lebih tinggi.



Sehingga, anak-anak yang berprestasi tetapi kurang mampu bisa mencapai mimpi setinggi-tingginya.

Menurutnya, dengan adanya KIP Kuliah mahasiswa kurang mampu bisa kuliah. Tapi yang juga lebih penting adalah mahasiswa bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan meningkatkan status ekonominya di masa depan.

"Kita harus melakukan berbagai macam perubahan yang cepat dan lincah untuk menghasilkan calon-calon SDM unggul secepat mungkin," kata Mendikbudristek Nadiem Makarim.



Bagaimana skema pembiayaan KIP Kuliah Merdeka? Mulai angkatan 2021, besaran bantuan yang diberikan lebih tinggi dibanding sebelumnya. Hal ini disesuaikan dengan akreditasi program studi di mana mahasiswa tersebut diterima serta biaya hidup per daerah.

Berikut adalah skema pembiayaannya.
Biaya pendidikan disesuaikan dengan prodi.

- Prodi berakreditasi A: Maksimal Rp12 juta
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2019 seconds (0.1#10.140)