Tips Jitu Menulis Esai Menarik untuk Tembus Beasiswa LPDP

Sabtu, 09 Juli 2022 - 13:47 WIB
loading...
Tips Jitu Menulis Esai Menarik untuk Tembus Beasiswa LPDP
Tips jitu menulis esai menarik untuk tembus beasiswa LPDP. Foto/usnews.com.
A A A
JAKARTA - Untuk melamar beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ( LPDP ) salah satu syaratnya adalah menulis esai. Esai harus dibuat semenarik mungkin agar bisa tembus persaingan ketat mendapatkan beasiswa bergengsi ini.

Esai adalah tulisan singkat yang dijadikan salah satu dokumen persyaratan oleh pemberi beasiswa agar pemberi beasiswa bisa mengetahui karakteristik pendaftar. Tujuan utamanya adalah mengetahui apakah pendaftar beasiswa memiliki karakter yang dicari serta layak mendapatkan beasiswa atau tidak.

Baca: Ini 10 Kesalahan yang Sering Gagalkan Kalian Dapat Beasiswa LPDP

Struktur Bagian Dalam Esai

Esai yang baik dan menarik tidak ditulis secara asal. Pasalnya, ada bagian-bagian esai yang wajib kamu cantumkan supaya esai kamu menarik di mata pemberi beasiswa. Hal ini juga berlaku jika kamu ingin menulis esai untuk beasiswa LPDP. Pastikan kamu tidak melewatkan bagian penting di dalam esai. Dikutip dari laman Schoters, berikut ini struktur bagian dalam esai.

1. Pendahuluan

Oleh karena esai merupakan aspek yang penting, buatlah esai yang semenarik mungkin dan dapat menggambarkan diri kalian. Pastikan mengawali bagian esai dengan pendahuluan dan tidak langsung melompat ke inti yang ingin ditunjukkan. Jika di awal esai kamu tidak mencantumkan pendahuluan, ada kemungkinan esai kamu terasa aneh saat pemberi beasiswa membacanya.

Bagian pendahuluan umumnya berisi pengenalan diri baik latar belakang diri kamu, pekerjaan maupun pencapaian yang pernah diraih. Kemudian dapat dilanjut dengan latar belakang permasalahan yang ingin diangkat. Namun, pastikan permasalahan yang akan kamu bahas sesuai dengan tema atau topik yang ditentukan oleh pemberi beasiswa.

2. Isi

Setelah menulis pendahuluan, selanjutnya kamu harus menuliskan permasalahan utama yang hendak kamu selesaikan. Tambahkan solusi yang dapat menyelesaikan permasalahan yang kamu angkat dan bagaimana kamu dapat turut serta berpartisipasi dalam penyelesaian permasalahan tersebut. Pada bagian ini, kalian dapat mengubungkan permasalahan dengan jurusan yang akan diambil. kalian dapat menunjukkan kelebihan dari universitas maupun jurusan yang dituju. Jangan lupa menunjukkan antusiasme untuk berkontribusi pada Indonesia, ya!
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1347 seconds (0.1#10.140)