Dorong Literasi Nasional, Sebanyak 2,5 Juta Buku Dikirim ke Daerah 3T

Senin, 11 Juli 2022 - 16:00 WIB
loading...
Dorong Literasi Nasional, Sebanyak 2,5 Juta Buku Dikirim ke Daerah 3T
Anak-anak sekolah dasar membaca buku di perpustakaan. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( Kemendikbudristek ) melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa mengirim 2.574.052 buku ke daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Upaya ini dilakukan pemerintah sebagai bentuk mendorong literasi di tingkat nasional. Diharapkan, buku-buku ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh anak didik dan dapat meningkatkan minat baca para siswa dan guru di sekolah 3T.



Anggaran yang berasal dari Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (BA BUN), Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tersebut, dikirimkan ke-41 kabupaten/kota regional empat ini mencapai 2.574.052 eksemplar untuk buku SD serta 28.660 eksemplar untuk buku PAUD.

Sekretaris Badan Bahasa Hafidz Muksin, mengatakan dengan komitmen pemerintah dalam mencerdaskan bangsa, Ia berharap buku-buku tersebut sampai di tempat tujuan dengan tepat waktu, tepat sasaran, dan aman.

“Selain itu, diharapkan buku-buku ini betul-betul dapat dimanfaatkan dengan baik oleh anak didik kita, supaya dapat meningkatkan minat baca, nilai kemampuan literasi, serta bahasa guna mencetak generasi yang unggul, cerdas, berkarakter, sejalan dengan Profil Pelajar Pancasila,” ujar Hafidz dalam keterangannya, Senin (11/7/2022).



Adapun selain melaksanakan program pencetakan dan pengiriman buku pengayaan literasi, Badan Bahasa bekerja sama dengan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), serta organisasi pegiat literasi lainnya untuk melaksanakan program pendampingan pemanfaatan buku pengayaan literasi di sekolah sasaran.

Hal ini, dilakukan agar para guru di sekolah yang telah menerima kiriman buku-buku tersebut mampu mengelola dan memanfaatkan secara optimal demi meningkatkan kecakapan literasi peserta didik dalam program yang kreatif, bermakna, dan berkelanjutan.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2266 seconds (0.1#10.140)