PPDB Zonasi Banyak Dikeluhkan, Wagub DKI: Kita akan Perbaiki dan Evaluasi

Selasa, 12 Juli 2022 - 21:30 WIB
loading...
PPDB Zonasi Banyak Dikeluhkan, Wagub DKI: Kita akan Perbaiki dan Evaluasi
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022 . Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria turut menanggapi banyaknya keluhan masyarakat terkait pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB). Keluhan tersebut, diketahui terkait sistem zonasi sekolah.

Ariza mengakui, pemberlakuan PPDB kerap menjadi polemik tiap tahunnya. Padahal, kata Ariza, justru dengan adanya sistem zonasi tersebut, membuat sekolah Negeri yang ada di Jakarta semakin berkualitas.

Baca juga: Lagi, 4 Mahasiswa UI Juara di ASEAN Geospatial Challenge 2022

"Berdasarkan evaluasi kami 3 tahun terakhir ini, justru meningkatkan kualitas si siswa dan kualitas sekolah itu sendiri. jadi itu saya kira kebijakan sesungguhnya yang baik," ujar Ariza di DPRD DKI Jakarta, Selasa (12/7/2022).

Lebih lanjut, Ariza menuturkan, meski tercatat mengalami kenaikan dalam kualitas, pihaknya tetap akan menerima keluhan dari masyarakat. Terlebih, pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) akan terus melakukan upaya evaluasi.

"Namun demikian kalo masih ada yang belum puas atau kecewa, kita sendiri akan terus melakukan perbaikan-perbaikan dan evaluasi," ungkapnya.

Baca juga: Jeli pilih Jurusan di Detik-detik Akhir, Shafna Akhirnya Lolos SNMPTN UGM

Ariza menambahkan, terkait meningkatnya kualitas sekolah, Ia mengungkap, hal itu usai Pemprov beserta jajaran terkait, memberikan solusi dengan mengatur kriteria PPDB yaitu melalui jalur presentasi, jalur zonasi, hingga jalur prestasi non akademik.

"Untuk itu kami mengatur terkait PPDB dengan beberapa kriterianya di antaranya ada presentasi terkait diterimanya PPDB berdasarkan prestasi, berdasarkan zona atau lingkungan terdekat, juga berdasarkan prestasi non akademik," tambah Ariza.
(mpw)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1592 seconds (10.177#12.26)