10 Fakta Menarik Harvard University, Cek Apa Saja Keunggulannya

Jum'at, 15 Juli 2022 - 09:21 WIB
loading...
10 Fakta Menarik Harvard University, Cek Apa Saja Keunggulannya
10 fakta menarik Harvard University, cek apa saja keunggulannya. Foto/Reuters.
A A A
JAKARTA - Harvard University , nama kampus ini sangat populer di Amerika Serikat bahkan dunia. Harvard University pun masuk dalam jajaran perguruan tinggi bergengsi dunia dan kampus tertua di negeri Paman Sam.

Pada QS World University Rankings 2023, Harvard masuk pada posisi kelima deretan universitas terbaik dunia yang mencakup 1.500 institusi dari seluruh dunia tersebut.

Tidak hanya menjadi langganan masuk pemeringkatan perguruan tinggi dunia, namun Harvard pun menyimpan kisah dan fakta menarik lainnya yang menjadikannya unggul dibandingkan kampus lain di dunia.

Dikutip dari laman Schoters, berikut ini 10 fakta menarik tentang Harvard University.

Baca: Kisah Aufa, Mahasiswi UNY yang Kenalkan Pempek di Jerman, dari Coba-coba Jadi Bisnis

Fakta ke-1

Penamaan Harvard University digunakan untuk menghormati penyumbang terbesar pada universitas ini, yaitu John Harvard, yang ternyata adalah alumni dari Universitas Cambridge, Inggris.

Fakta ke-2

Sejak pertama kali berdiri, Harvard University tidak diikuti dengan kata ‘university’, melainkan ‘college’. Baru pada tahun 1780, namanya berubah menjadi Harvard University.

Fakta ke-3

Di Harvard University terdapat patung sang penyumbang terbesar sekaligus kunci perkembangan Harvard University, yaitu John Harvard.

Fakta ke-4

John Harvard menyumbang sekitar 400 buku serta sebagian besar kekayaannya untuk universitas ini. Akhirnya, untuk menghormati John Harvard, universitas ini diberi nama Harvard University.

Fakta ke-5

Selain bangunan dan gedung tua, kampus ini juga meninggalkan banyak legenda. Konon, ada sebuah gerbang di area Harvard University yang hanya boleh dilewati dua kali saja oleh mahasiswa yang sedang berkuliah di sana, yaitu saat pertama kali kuliah di Harvard University dan saat lulus dari sana.

Gerbang yang dimaksud tersebut adalah gerbang tengah di Harvard University. Jika melewatinya lebih dari dua kali, maka dipercaya akan mengalami drop out. Apakah kamu mempercayai legenda ini?

Baca juga: Mahasiswa Universitas Pertamina Juara 1 Bidang Poster dan Paper di Ajang AEIG 2022

Fakta ke-6

Perpustakaan Harvard University memiliki 9 lantai dengan 4 di antaranya adalah lantai basement. Hingga kini, koleksi buku cetaknya mencapai 15 juta judul, buku digital mencapai 18 juta judul, dan koleksi foto mencapai 8 juta buah. Super lengkap!

Fakta ke-7

Harvard University menyimpan buku dengan sampul yang terbuat dari kulit manusia, lho! Menyeramkan atau menakjubkan?

Fakta ke-8

Tidak hanya mengedepankan unsur sarana dan prasarana yang luar biasa megah, Harvard University juga memiliki kurikulum dan proses belajar yang sangat baik dan efektif. Hal inilah yang menjadi salah satu pemicu mengapa universitas ini begitu bergengsi dan membanggakan.

Fakta ke-9

Jurnal-jurnal yang diterbitkan Harvard University kerap dijadikan acuan oleh banyak orang di belahan dunia untuk mencapai hasil penelitian yang luar biasa di bidangnya.

Fakta ke-10

Bagi kamu pecinta bola, tentu mengenal sosok Sir Alex Ferguson, mantan pelatih tim Manchester United. Tahukah kamu, Sir Alex Ferguson kini justru menjadi dosen di Harvard University meski usianya sudah senja? Dia mengajar dengan fokus pada manajemen pengelolaan sebuah tim, dalam hal ini ialah tim Manchester United.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1847 seconds (0.1#10.140)