4 Jurusan Saintek yang Minim Matematika, Cocok untuk Mahasiswa yang Tak Suka Berhitung

Senin, 18 Juli 2022 - 16:54 WIB
loading...
4 Jurusan Saintek yang Minim Matematika, Cocok untuk Mahasiswa yang Tak Suka Berhitung
Jurusan matematika. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada empat jurusan saintek yang tidak banyak matematika. Saintek sendiri merupakan singkatan dari Sains dan Teknologi. Biasanya, jurusan-jurusan ini diperuntukan untuk para siswa yang berasal dari jurusan IPA.

Jika dicermati, jurusan Saintek sendiri cukup identik dengan proses hitung-menghitung dan matematika . Namun, sebagian peminat jurusan ini tidak terlalu menyukai matematika. Sehingga tak jarang mereka memutuskan untuk beralih jalur ke Soshum.



Padahal, ada juga beberapa jurusan saintek yang tidak banyak matematikanya. Hanya saja, mungkin hal ini jarang diketahui.

Berikut Jurusan Saintek yang tidak banyak Matematika.

1. Agribisnis

Program studi Agribisnis dikenal sebagai jurusan yang minim matematika. Biasanya jurusan ini berada di Fakultas Pertanian. Meski berstatus sebagai jurusan saintek, namun tak jarang sebagian menganggapnya lebih cenderung ke soshum.

Umumnya, Agribisnis mempelajari tentang pengelolaan pertanian dan sektor bisnis yang bisa dihasilkan dari produk pertanian. Beberapa mata kuliah yang diajarkan di antaranya adalah pemasaran agribisnis, pengembangan masyarakat dan lainnya.



2. Sistem Informasi

Seiring berkembangnya teknologi, jurusan kuliah seperti Sistem Informasi cukup banyak diminati para calon mahasiswa. Dikutip dari Dunia Ilkom, secara umum jurusan ini berisi gabungan dari Ekonomi Manajemen, Bisnis, dan Ilmu komputer.

Titik fokusnya berada pada bidang software, namun lebih ke penerapan dalam bisnis perusahaan.

Kabar baiknya, jurusan ini kemungkinan akan cocok dengan mahasiswa yang kurang suka matematika. Pasalnya, mata kuliah tentang matematika tidak terlalu banyak diajarkan di Sistem Informasi. Atau setidaknya tidak sebanyak jurusan lain seperti Teknik Informatika ataupun Ilmu Komputer.

3. Budidaya Perairan

Jurusan Saintek yang tidak banyak matematika berikutnya adalah Budidaya Perairan atau Akuakultur. Jurusan ini umumnya mempelajari tentang pemeliharaan, penangkaran, dan pengembangbiakan biota laut.

Beberapa mata kuliah yang diajarkan di antaranya adalah akuariologi, biota laut, dan manajemen Kualitas air. Jurusan ini kemungkinan akan cocok dengan mahasiswa yang tidak menyukai matematika.

Beberapa perguruan tinggi yang menyediakan jurusan Budidaya Perairan adalah Institut Pertanian Bogor, Universitas Jenderal Soedirman, dan lainnya.

4. Teknologi Hasil Hutan

Program studi Teknologi Hasil Hutan umumnya mempelajari ilmu pengetahuan tentang pengelolaan hasil hutan. Mahasiswa jurusan ini biasanya belajar tentang teknik eksplorasi hasil hutan, dan pengolahannya.

Selain itu, ada juga pembelajaran mengenai manajemen industri hasil hutan serta pengelolaan limbah hasil industrinya. Sama halnya dengan beberapa jurusan sebelumnya, Teknologi Hasil Hutan cocok bagi orang yang tidak terlalu menyukai matematika.

Demikian ulasan mengenai jurusan saintek yang tidak banyak matematika. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi calon mahasiswa dalam menentukan jurusan kuliahnya dengan tepat.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2028 seconds (0.1#10.140)