Presiden Timor Leste José Ramos-Horta akan Berikan Kuliah Umum di UIN Jakarta

Senin, 18 Juli 2022 - 19:08 WIB
loading...
Presiden Timor Leste José Ramos-Horta akan Berikan Kuliah Umum di UIN Jakarta
UIN Jakarta menggelar Seminar Internasional Pendidikan Perdamaian: Peran Islam Indonesia dalam Tatanan Dunia Berkeadilan, Rabu (20/7). Foto/Dok/UIN
A A A
JAKARTA - Presiden Republik Demokratik Timor Leste atau República Democrática de Timor-Leste, Dr. José Ramos-Horta GColIH GCL, akan menyampaikan kuliah umum bagi sivitas akademi UIN Jakarta.

Kuliah Umum akan disampaikan dalam Seminar Internasional Pendidikan Perdamaian: Peran Islam Indonesia dalam Tatanan Dunia Berkeadilan, Rabu (20/7/2022).

Baca juga: Tim Robot ITS Raih Juara di Internasional RoboCup 2022

Kunjungan dan kuliah umumnya ini diharapkan menjadi dukungan UIN Jakarta bagi Pemerintah RI dalam mendorong terwujudnya Timor Leste sebagai negara demokratis dan sejahtera.

Kunjungan dan kuliah umum Presiden Ramos-Horta di UIN Jakarta dilakukan sebagai bagian dari lawatan pemimpin tertinggi Timor Leste itu ke Indonesia. Secara khusus, Presiden Ramos akan menyampaikan topik kuliah umum berjudul "Culture, Language, and Nation Building".

Rektor UIN Jakarta, Prof. Dr. Amany Lubis, M.A., menuturkan, UIN Jakarta memfasilitasi kunjungan dan kuliah umum Presiden Ramos-Horta sebagai bentuk dukungan UIN Jakarta terhadap diplomasi kenegaraan Pemerintah Indonesia di tingkat regional dan internasional sekaligus menguatkan peran Indonesia dalam presidensi G20.

Baca juga: ITB Luncurkan Beasiswa Program Dukungan Daerah 3T, Bebas Biaya 100 Persen

Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di lingkungan Kementerian Agama RI, UIN Jakarta mengemban misi pengarusutamaan moderasi beragama bagi terciptanya perdamaian, keadilan, kemanusiaan, dan demokrasi.

Amany menambahkan, kunjungan dan kuliah umum Presiden José Ramos-Horta di UIN Jakarta merupakan momen penting untuk membangun masyarakat madani yang kritis dan berimbang dalam mewujudkan tatanan dunia yang damai dan berkeadilan.

"Sikap pemerintah Republik Indonesia yang secara konsisten mendukung perkembangan negara Timor Leste sebagai negara demokratis dan sejahtera perlu disikapi dengan baik oleh perguruan tinggi keagamaan Islam," tambahnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1765 seconds (11.97#12.26)