Mahasiswa Sambut Positif Ajakan Erick Thohir Isi Peluang untuk Masa Depan

Selasa, 19 Juli 2022 - 22:10 WIB
loading...
Mahasiswa Sambut Positif Ajakan Erick Thohir Isi Peluang untuk Masa Depan
Menteri BUMN Erick Thohir saat Kuliah Umum di Auditorium Graha Widyatama Prof Rubijanto Misman, Unsoed Purwokerto. Foto/Dok/Instagram Erick Thohir
A A A
JAKARTA - Kalangan mahasiswa menyambut baik ajakan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir untuk mengisi peluang yang ada untuk menghadapi tantangan masa depan. Mahasiswa merupakan instrumen penting untuk menjaga keseimbangan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Kita merespons positif wacana tersebut, karena kita (mahasiswa) sebagai agent of change harus turut ambil peran untuk ikut mendorong perubahan dan pertumbuhan perekonomian Indonesia," kata Koordinator Pusat Dewan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Seluruh Indonesia (DEMA PTKIN Se-Indonesia), Onky Fachrur Rozie, Selasa (19/7/2022).



Tantangan masa depan di banyak sektor, termasuk perekonomian, kata Onky, harus disikapi dengan bekerja sama atau gotong-royong. Apalagi dalam dua tahun terakhir, dunia dilanda bencana nonalam, yakni pandemi Covid-19 yang berdampak pada seluruh sektor kehidupan manusia.

"Tentu ajakan Menteri BUMN Erick Thohir merupakan tantangan yang harus kita jawab dengan kolaborasi konkret di sektor pengembangan UMKM dan perekonomian secara luas, agar kita sebagai mahasiswa juga berperan meningkatkan kesejahteraan sosial kemasyarakatan di sekeliling kita," katanya.

Menurut Onky, mahasiswa juga sebagai instrumen penting dalam dunia pendidikan tentu mempunyai pengaruh besar terhadap sektor perekonomian Tanah Air. "Mahasiswa sebagai penggerak pendidikan tentu akan mempunyai pengaruh besar di sektor perekonomian dengan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, Pengabdian Kepada Masyarakat," kata Onky.



Sebelumnya, Erick Thohir mengajak mahasiswa tidak hanya sibuk di pergerakan, tetapi juga harus mampu mengisi peluang-peluang yang ada untuk menghadapi tantangan masa depan. Hal itu disampaikan Erick Thohir saat Kuliah Umum Tokoh Nasional Menteri BUMN

"Kolaborasi BUMN dan Perguruan Tinggi dalam Menciptakan Generasi Digital yang Tangguh di Era Disrupsi" di Auditorium Graha Widyatama Prof Rubijanto Misman, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, 5 Juli 2022.

Menurut Erick, dengan pertumbuhan ekonomi yang rata-rata 5%, akhirnya Indonesia akan menjadi negara terbesar keempat secara ekonomi di dunia. "Ini sesuatu hal yang tidak terulang lagi dan kalian adalah tentu ujung tombak bagaimana kita bisa memastikan negara ini seperti yang kita impikan," katanya.

Tantangan untuk generasi muda, kata Erick, bukan sibuk di pergerakan, tetapi harus sibuk mengisi peluang-peluang yang ada dengan pendidikan, profesionalisme, dan juga sebagai pengusaha baru Indonesia.

"Jangan hanya sibuk pergerakan. Sudah waktunya hari ini kalian semua mengisi, karena lihat nanti di Indonesia itu jumlah penduduknya 318 juta, middle class-nya, kelas menengahnya 223 juta, ini besar sekali," kata Erick Thohir.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8874 seconds (0.1#10.140)