5 Jurusan Saintek yang Banyak Kimianya, No 3 Punya Prospek Kerja Bagus

Rabu, 20 Juli 2022 - 14:22 WIB
loading...
5 Jurusan Saintek yang Banyak Kimianya, No 3 Punya Prospek Kerja Bagus
Jurusan Teknik Kimia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Beberapa jurusan saintek memang terkenal dengan mata kuliah yang berkaitan dengan rumus dan hitung menghitung. Kebanyakan anak saintek memang menyukai mata kuliah ini karena suka dalam menghitung.

Salah satu mata kuliah yang memuat rumus, menghafal dan menghitung ini adalah kimia . Ilmu yang mempelajari tentang, sifat, struktur, perubahan reaksi dan energi yang terdapat dalam suatu materi ini memang digemari oleh beberapa anak saintek.



Biasanya jurusan saintek yang banyak terdapat mata kuliah kimia ini juga berkaitan dengan kimia. Meskipun begitu ada juga jurusan yang tidak menggunakan embel-embel kimia dalam nama prodinya.

Mata kuliah seperti biokimia, kimia analisis, kimia organik dan kimia anorganik kerap dijumpai dalam beberapa jurusan kuliah saintek ini.

Berikut 5 Jurusan Saintek yang Banyak Kimianya :

1. Jurusan Teknik Kimia

Teknik kimia merupakan studi yang mempelajari rekayasa untuk menghasilkan produk yang bernilai ekonomi tinggi selain itu ada juga pengembangan dan penelitian yang berkaitan dengan desain molekular baru.



Mata kuliah di jurusan ini tentulah banyak terdapat kimia, di antaranya seperti kimia dasar, kimia fisika, matematika teknik kimia, kimia organik dan kimia analitik.

2. Jurusan Kimia Murni

Jurusan saintek ini banyak mempelajari tentang sifat dan struktur zat serta interaksi antar materi penyusun zat. Ilmu yang dipelajari di jurusan ini tentu lebih mendalam daripada mata pelajaran yang pernah didapat di bangku SMA.

Meskipun nama jurusan ini adalah kimia murni namun para mahasiswa akan tetap mendapat mata kuliah saintek lain seperti biologi dan fisika. Kimia fisik, kimia dasar, kimia organik, kimia lingkungan kimia anorganik dan biokimia adalah beberapa mata kuliah yang akan didapat bila memilih jurusan ini.

3. Jurusan Farmasi

Jurusan yang mempelajari tentang cara membuat dan meracik obat dalam berbagai bentuk ini merupakan kombinasi antara ilmu kesehatan dengan ilmu kimia. Selain itu jurusan ini memiliki peluang kerja yang besar karena bisa bekerja sebagai apoteker, rumah sakit maupun di industri farmasi.

Dalam jurusan farmasi, para mahasiswa akan disibukkan dengan praktikum. Hal ini juga mempengaruhi mata kuliah yang akan dipelajari di antaranya, praktikum kimia dasar, praktikum biokimia, praktikum kimia analis, dan masih banyak mata kuliah kimia lainnya.

4. Jurusan Biokimia

Peranan berbagai molekul dalam reaksi dan bagaimana proses kimia berlangsung dalam sebuah ekosistem merupakan hal yang dipelajari dalam jurusan ini. Saat ini jurusan Biokimia menjadi jurusan yang cukup digemari.

Mata kuliah kimia yang ditawarkan dalam jurusan ini mulai dari kimia dasar, kimia kinetika kimia, kimia organik hingga kimia analitik.

5. Jurusan Pendidikan Kimia

Jurusan saintek ini cocok bagi seorang yang memiliki minat sebagai tenaga pengajar dan suka dengan ilmu kimia. Sehingga fokus jurusan pendidikan kimia ini lebih ke cara mengajarkan kimia ke orang-orang.

Mata kuliah kimia yang akan didapat seperti, kimia dasar, praktikum kimia dasar, matematika kimia, praktikum kinetika kimia, praktikum kimia pemisahan. Selain itu terdapat juga mata kuliah yang mendukung mahasiswa menjadi pengajar yang baik seperti perencanaan dan pengelolaan pembelajaran.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1124 seconds (0.1#10.140)