Ini Sederet Jurusan Soshum yang Banyak Menghitung, Bisa Jadi Pilihan Pecinta Matematika

Rabu, 20 Juli 2022 - 19:23 WIB
loading...
Ini Sederet Jurusan Soshum yang Banyak Menghitung, Bisa Jadi Pilihan Pecinta Matematika
Jurusan akuntansi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Dalam dunia perkuliahan terdapat dua rumpun ilmu, yaitu saintek dan soshum. Di setiap program studi jurusan saintek , kebanyakan memiliki materi hitungan. Sementara program studi di jurusan soshum, cenderung lebih banyak teori.

Khusus calon mahasiswa jurusan IPS, nantinya akan lebih diarahkan ke rumpun ilmu soshum. Jurusan soshum memang sering dipilih untuk para calon mahasiswa yang tidak begitu menyukai hitungan.



Namun untuk para calon mahasiswa jurusan IPS, ternyata ada beberapa jurusan yang banyak menghitung, seperti berikut.

1. Akuntansi

Jurusan Akuntansi merupakan rumpun ilmu soshum dengan banyak materi hitung-hitungan. Pada jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari pencatatan keluar masuk keuangan beserta penyusunan laporannya.

Pada saat membuat laporan keuangan,tentu akan menghitung debit dan kredit setiap penjualan atau pembelian yang dilakukan. Angka-angka tranksaksi juga sering terbilang besar hingga mencapai miliaran.



Beberapa mata kuliah yang terdapat ialah perpajakan, analitik bisnis, auditing, dan matematika bisnis. Universitas yang menyediakan jurusan ini antara lain Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Telkom University, dan Universitas Trisakti.

2. Ilmu Ekonomi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2310 seconds (0.1#10.140)