Bangga Masuk SMK, Mendikbudristek Sampaikan Pesan Ini

Kamis, 21 Juli 2022 - 19:06 WIB
loading...
Bangga Masuk SMK, Mendikbudristek Sampaikan Pesan Ini
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim menyapa peserta didik baru SMK. Foto/Kemendikbudristek.
A A A
JAKARTA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( Mendikbudristek ) Nadiem Anwar Makarim turut menyapa 14 ribu peserta didik baru Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) di seluruh Indonesia melalui media daring. Menurutnya, para peserta didik baru perlu merasa bangga telah menjadi salah satu pelajar SMK.

Nadiem mengatakan, mereka nantinya akan menjadi salah satu penentu dalam roda perekonomian Indonesia. Sehingga, para peserta didik perlu merasa beruntung dan berbangga diri menjadi bagian dari SMK.

Baca: Temui Anggota Dewan, Mahasiswa Doktoral di London Dorong Riset Berbasis STEM

“Saya yakin, kalian adalah para generasi muda yang di masa depan akan menentukan arah dan jalannya roda perekonomian Indonesia. Untuk itu, kalian harus bangga dan beruntung menjadi pelajar SMK,” ujar Nadiem dalam keterangannya, Kamis (21/7/2022).

Nadiem menambahkan, selama belajar di SMK, para peserta didik nantinya akan mendapatkan keterampilan, baik hardskill maupun softskill. Sehingga, kata Nadiem, usai lulus, para peserta didik tersebut telah dibekali kemampuan khusus baik di dunia kerja maupun dunia kampus.

Baca juga: Selamat, 2.760 Peserta Lulus Pendidikan Guru Penggerak Angkatan ke-3

“Dengan keterampilan yang mumpuni dan karakter yang tangguh, saya yakin ketika lulus nanti kalian bisa meraih cita-cita yang sesuai dengan minat kalian, baik itu melanjutkan studi ke perguruan tinggi, langsung bekerja di industri, atau membuka usaha sendiri,” tuturnya.

Lebih lanjut, Nadiem menuturkan, dengan adanya terobosan Merdeka Belajar, khususnya program SMK Pusat Keunggulan dan penerapan Kurikulum Merdeka, akan mengutamakan pembelajaran berbasis proyek, sehingga pelajar SMK akan semakin merdeka untuk belajar dan berkarya.

“Jangan batasi ide dan gagasan kalian, kerjakan dengan penuh semangat dan tanpa mengenal kata menyerah. Tentukan arah masa depan sesuai minat dan panggilan hati kalian masing-masing," ucap Nadiem.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2244 seconds (11.97#12.26)