UI GreenCityMetric Umumkan Daftar Kota Berkelanjutan di Indonesia, Semarang Terbaik Pertama

Jum'at, 22 Juli 2022 - 17:12 WIB
loading...
UI GreenCityMetric Umumkan Daftar Kota Berkelanjutan di Indonesia, Semarang Terbaik Pertama
Walikota Semarang menerima penghargaan UI Greencity Meter. Foto/Humas UI.
A A A
JAKARTA - Setelah selama 12 tahun Universitas Indonesia (UI) telah melaksanakan UI GreenMetric World University Rankings, tahun ini UI umumkan UI GreenCity Metric. Yaitu daftar kabupaten/kota berkelanjutan di Indonesia.

“Perkembangan dalam bidang keberlanjutan dirasa cukup penting tidak hanya bagi institusi pendidikan seperti universitas namun juga bagi cakupan area/wilayah yang lebih luas lagi seperti kabupaten/kota,” ujar Ketua UI GreenMetric, Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari dalam “Pengumuman dan Pemberian Anugerah UI Greencitymetric Rankings 2022”, melalui siaran pers, Jumat (22/7/2022).

Baca: Universitas Pertamina Kembali Buka Seleksi Masuk Tanpa Tes, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

“Oleh karena itu, UI GreenMetric sebagai pemeringkatan universitas di bidang keberlanjutan melakukan inovasi serta penyesuaian indikator agar penilaian terkait dengan keberlanjutan juga dapat dilakukan bagi Kabupaten/Kota di Indonesia melalui UI GreenCityMetric,” lanjutnya.

Lebih lanjut Prof. Riri menyampaikan bahwa pemeringkatan kabupaten/kota pertama di Indonesia ini dilandasi atas tiga pilar, yakni Lingkungan Hidup, Ekonomi, dan Sosial dengan bobot indikator penilaian yang terdiri atas Penataan Ruang dan Infrastruktur (16%), Energi dan Perubahan Iklim (19%), Tata Kelola Sampah dan Limbah (19%), Tata Kelola Air (15%), Akses dan Mobilitas (16%), Tatapamong/Governance (15%).

“Adanya UI GreenCityMetric ini menjadi platform untuk melihat isu-isu keberlanjutan yang ada di kabupaten/kota di Indonesia. Diharapkan pula isu-isu keberlanjutan di kabupaten/kota di Indonesia menjadi isu nyata yang dapat mulai dibicarakan dan diperhatikan oleh pemerintah daerah dan pusat di Indonesia,” ujar Guru Besar Fakultas Teknik UI dengan kepakaran teknologi informasi atau komputer.

Berdasarkan Pemeringkatan UI GreenCityMetric 2022, Kota Semarang, Jawa Tengah, menjadi Kota Berkelanjutan Terbaik di Indonesia; diikuti Kota Kediri, Jawa Timur pada peringkat kedua; dan Kota Padang, Sumatera Barat, pada peringkat ketiga. UI GreenCityMetric juga memberikan enam penghargaan bagi Kabupaten/Kota terbaik di setiap kategori penilaian.

1. Anugerah Kota Paling Berkelanjutan dalam Bidang Penataan Ruang dan Infrastruktur: Kota Semarang, Jawa Tengah.
2. Anugerah Kota Paling Berkelanjutan dalam Bidang Energi dan Perubahan Iklim: Kota Parepare, Sulawesi Selatan.
3. Anugerah Kota Paling Berkelanjutan dalam Bidang Tata Kelola Limbah: Kota Madiun, Jawa Timur.
4. Anugerah Kota Paling Berkelanjutan dalam Bidang Tata Kelola Air: Kota Padang, Sumatera Barat.
5. Anugerah Kota Paling Berkelanjutan dalam Bidang Akses dan Mobilitas serta Kota Paling Berkelanjutan dalam Bidang Tata Pamong: Kota Kediri, Jawa Timur.

Pengumuman Pemeringkatan UI GreenCityMetric secara lengkap dapat diakses pada laman : https://greenmetric.ui.ac.id/city/ranking.

Baca juga: 7 Jurusan paling dibutuhkan di Pertambangan, Prospek Bagus dan Gaji Besar
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1141 seconds (0.1#10.140)