ANBK 2022 Akan Segera Dimulai, Apakah Jadi Penentu Kelulusan Siswa?

Rabu, 27 Juli 2022 - 09:29 WIB
loading...
ANBK 2022 Akan Segera Dimulai, Apakah Jadi Penentu Kelulusan Siswa?
ANBK akan segera dimulai, apakah ANBK akan menjadi penentu kelulusan siswa?. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) akan segera dimulai Agustus mendatang untuk jenjang SMA terlebih dulu. ANBK tidak akan diikuti oleh seluruh siswa namun hanya sebagian saja secara acak.

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Disebut juga ANBK karena dalam moda pelaksanaanya akan berbasis komputer, baik daring ataupun semi daring.

Dikutip dari laman Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik) Kemendikbudristek, Asesmen Nasional juga bisa dilaksanakan dengan berbagi sarana prasarana atau resoursce sharing. Asesmen dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar yang akan meningkatkan hasil belajar murid.

Baca: Asesmen Nasional akan Kembali Digelar, Cek Info Lengkapnya di Sini

Mutu satuan pendidikan nantinya akan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu:

1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).
2. Survei Karakter.
3. Survei Lingkungan Belajar.

Lalu, siapa yang akan menjadi peserta Asesmen Nasional? Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah di Indonesia, serta program kesetaraan yang dikelola oleh PKBM.

Di tiap satuan pendidikan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh sebagian peserta didik kelas V, VIII, dan XI yang dipilih secara acak oleh pemerintah.

Untuk program kesetaraan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh peserta didik yang berada pada tahap akhir program belajarnya. Selain peserta didik, Asesmen Nasional juga akan diikuti oleh guru dan kepala sekolah di setiap satuan pendidikan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1638 seconds (10.101#12.26)