Penting Diketahui, Ini Kiat Menulis dalam bahasa Inggris

Rabu, 27 Juli 2022 - 20:05 WIB
loading...
Penting Diketahui, Ini Kiat Menulis dalam bahasa Inggris
Kiat mudah menulis dalam bahasa Inggris ini penting untuk diketahui para pelajar maupun mahasiswa. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kiat mudah menulis dalam bahasa Inggris ini penting untuk diketahui para pelajar maupun mahasiswa. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah tujuan menulis dan penulisan grammar.

Menurut Aurelia Jasmine, salah satu tutor Cetta English, kemampuan menulis kenyataannya memang lebih sulit dibanding berbicara. "Meski kadang ya sebagian orang berpendapat, ngomong pakai bahasa Inggris lebih susah karena harus menjawab dengan spontan. Berbeda dengan menulis, setidaknya ada waktu untuk berpikir menyusun kalimat,” ujarnya, Rabu (27/7/2022).

Perempuan yang akrab disapa Miss Aurel ini menyebut menulis lebih sulit secara grammar dan kekayaan vocab atau kosakata lebih mudah dinilai dan terlihat kesalahannya. "Enggak cuma itu, umumnya kemampuan menulis dalam bahasa Inggris dipakai untuk keperluan dengan tingkat bahasa yang lebih tinggi. Contohnya menulis esai atau membuat tulisan laporan," jelasnya.

Miss Aurel mengungkapkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menulis, yaitu tujuan menulis dan penulisan grammar. “Dari tujuan menulis, kita bisa tahu jenis bahasa apa yang akan kita gunakan, apakah daily conversational atau formal,” ujarnya.

Baca juga: Tips Belajar Bahasa Inggris lewat Film

"Kalau penulisan grammar itu cukup penting apalagi yang baca itu kan enggak langsung di depan kita, jadi kita enggak bisa langsung klarifikasi," tambahnya.

Berikut ini lima kiat buat kamu yang sedang mengasah kemampuan menulis dalam bahasa Inggris:

1. Perbanyak membaca tulisan berbahasa Inggris

Menurut Miss Aurel kita jadi tahu bagaimana model menulis dalam bahasa Inggris dan bahasa umum yang biasa digunakan untuk writing dari tulisan orang lain. "Karena itu, dengan kita banyak membaca literasi berbahasa Inggris, akan memperbanyak perbendaharaan kata,” katanya.

2. Latihan menulis dalam bahasa Inggris
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1867 seconds (10.177#12.26)