FTUI Siap Kembangkan SDM Cyber Security Asia Tenggara

Sabtu, 30 Juli 2022 - 13:19 WIB
loading...
FTUI Siap Kembangkan SDM Cyber Security Asia Tenggara
Penyelenggara dan pembicara seminar Cyber Security. Foto/Humas UI.
A A A
JAKARTA - Fakultas Teknik Universitas Indonesia ( FTUI ) siap berkontribusi menghasilkan sumber daya manusia yang unggul bidang keamanan siber, dan riset yang produktif, serta berdampak untuk memberikan solusi permasalahan keamanan siber di Indonesia. FTUI juga bersiap sebagai hub untuk ASEAN cybersecurity capacity building.

Demikian disampaikan Dekan FTUI Prof. Dr. Heri Hermansyah saat membuka Seminar Investment and Security Human Resources Development. Seminar ini diselenggarakan sebagai rangkaian acara Dies Natalis FTUI ke-58, pada Kamis, 21 Juli 2022 dan merupakan bagian dari kegiatan kerja sama JICA-FTUI.

Baca: IPB University Luncurkan Varietas Padi Unggul Baru

Prof. Heri juga menyampaikan bahwa meningkatnya ancaman dunia siber terhadap keamanan dan pertahanan nasional, tidak dapat dihadapi sendirian. “Diperlukan kerja sama dan interaksi multidisiplin karena keamanan siber tidak hanya terkait dari sisi teknologi saja, akan tetapi terkait juga dengan aspek lainnya, seperti sisi hukum, sosial, humaniora, kesehatan, ekonomi, politik, dan sebagainya,” katanya, melalui siaran pers, Sabtu (30/7/2022).

“Termasuk adanya kerja sama triple helix antara perguruan tinggi, pemerintah dan industri menjadi sangat penting untuk memperkuat kapasitas keamanan siber nasional ke depannya. Semoga FTUI bisa ikut serta berkontribusi lebih banyak lagi untuk makin unggul berdampak bagi kemajuan cybersecurity di Indonesia,” katanya melalui siaran pers, Sabtu (30/7/20220).

Baca juga: ITS Bangun Flat sebagai Bentuk Kepedulian bagi Dosen Muda

Pada acara puncak Dies Natalis FTUI tanggal 18 Juli 2022, FTUI telah meluncurkan idCARE (Indonesia Cyber Awareness and Resilience Center) yaitu pusat studi dan riset di bidang Cyber Security (http://idcare.ui.ac.id). idCARE juga menyelenggarakan berbagai program pelatihan dan sertifikasi di bidang cybersecurity.

Saat ini FTUI menjalin kerja sama dengan JICA dalam project “Human Resources Development for Cybersecurity Professional” untuk menghasilkan sumber daya profesional di bidang cyber security hingga tahun 2025. Berbagai kegiatan yang dilakukan antara lain joint-curriculum development for cybersecurity, training for trainers, sertifikasi profesional, dan pengembangan opensource tool.

Berbagai training dilakukan untuk negara-negara ASEAN yang baru tumbuh cybersecurity-nya seperti Laos, Kamboja, Myanmar, Vietnam dan Timor Leste. Selain dengan JICA, kerja sama strategis FTUI yang saat ini berjalan antara lain dengan BSSN, Kominfo, Keio University, CompTIA, EC-Council, Cisco, AWS, Alibaba, Huawei serta berbagai industri, kementerian dan lembaga lain di sektor infrastruktur informasi kritikal.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1728 seconds (11.210#12.26)