Jurusan Teknik Informatika dan Teknik Komputer, Ini Perbedaannya

Senin, 01 Agustus 2022 - 00:17 WIB
loading...
Jurusan Teknik Informatika dan Teknik Komputer, Ini  Perbedaannya
Jurusan Teknik Informatika. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Teknik Informatika ialah salah satu jurusan paling diminati oleh sebagian kalangan siswa-siswi yang akan melanjutkan ke jenjang perkuliahan.

Jurusan Teknik Informatika terbilang cukup sulit, dikarenakan persaingan di perguruan tinggi semakin ketat. Sehingga, membutuhkan pembelajaran yang cukup apabila melalui jalur SBMPTN maupun Ujian Mandiri.



Syarat khusus untuk masuk ke teknik informatika adalah melalui jurusan IPA ketika waktu duduk dibangku SMA. Kecuali jika ingin menyeberang jurusan, di mana melalui jalur selain SNMPTN.

Jurusan teknik komputer disebut sebagai sistem komputer. Teknik komputer sangat berkaitan disiplin ilmu rekayasa komputasi atau computer engineering dikombinasi dengan ilmu komputer (computer science) sekaligus ilmu teknik elektro (electrical engineering).

Sama halnya, dengan jurusan teknik informatika, jurusan teknik komputer termasuk ke dalam rumpun saintek. Mempunyai persamaan dalam pembelajaran yakni mengenai dunia teknologi, baik teknik informatika maupun teknik computer pasti memiliki perbedaan di dalamnya.



Lantas, bagaimana dan apa saja perbedaan dari kedua jurusan tersebut?

Berikut ini beberapa perbedaan dari jurusan teknik informatika dan teknik komputer, di antaranya:

1. Disiplin Ilmu

Departemen teknik komputer masuk ke dalam disiplin ilmu yang dapat diwujudkan ke teknologi dan ilmu pengetahuan. Dimulai dari desain, membangun, implementasi, memelihara hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak).

Sedangkan pada teknik informatika yakni departemen informastika merupakan disiplin ilmu dengan fokus pengembangan sistem berbasis komputer beserta segala ketrampilan pemrograman, kecerdasan buatan dan jaringan komputernya.

2. Kecenderungan

Teknik informatika cenderung ke implementasi dibandingkan dengan teori. Berfokus pada pembuatan aplikasi meskipun teori tetap dibahas tapi tidak mendalam. Sehingga skripsi jurusan teknik informatika wajib membuat aplikasi.

Sedangkan teknik komputer cenderung ke sains atau pengetahuan tentang komputer dibandingkan dengan pembuatan aplikasi.

Jurusan ini lebih ke arah konsep pemikiran, bagaimana cara membuat sebuah aplikasi dan sebagainya. Sehingga, skripsi di jurusan teknik komputer tidak mewajibkan pembuatan aplikasi melainkan pembahasan teori.

3. Fokus Studi

Fokus studi dari kedua jurusan itu jelas berbeda. Teknik informatika lebih berfokus pada praktik dan studi lapangan agar nantinya bisa menjadi pekerja IT yang handal misalnya dalam pembuatan aplikasi.

Teknik komputer berfokus strategi dan teori penerapan ilmu komputer seperti analisis dan teknik pemrograman software.

4. Perbedaan Kurikulum

Jurusan teknik informatika dalam kurikulum dan mata kuliahnya lebih ke kemampuan pemrograman dan subsistem sedangkan pada teknik komputer lebih ke mempelajari hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak).
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1521 seconds (0.1#10.140)