Ini Sederet Universitas Ternama yang Menerima KIP Kuliah, Cek Daftarnya

Senin, 01 Agustus 2022 - 12:32 WIB
loading...
Ini Sederet Universitas Ternama yang Menerima KIP Kuliah, Cek Daftarnya
Universitas Indonesia (UI). Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah atau KIP Kuliah Merdeka merupakan sebuah bentuk jaminan pembiayaan pendidikan dan bantuan hidup selama mahasiswa mengenyam pendidikan di universitas yang dipilih.

KIP kuliah dikhususkan bagi mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu demi bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi .



Berikut adalah di antara kampus penerima KIP kuliah di pulau Jawa.

1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia (UI) merupakan kampus negeri terkemuka di Indonesia yang menerima KIP.

UI menerima KIP di berbagai jalur penerimaan, mulai dari SNMPTN, SBMPTN, hingga jalur mandiri atau SIMAK UI.



Bagi calon mahasiswa peserta KIP yang ingin masuk UI melalui jalur Mandiri, tata cara lengkapnya bisa langsung dilihat di laman SIMAK UI.

Sementara itu, mahasiswa hanya diperbolehkan memilih maksimal 3 program studi di UI.

Peserta yang dinyatakan lolos verifikasi KIP kuliah tidak dibebankan biaya sepeser pun.

2. Universitas Diponegoro (Undip)

Universitas Diponegoro (Undip) juga menerima mahasiswa pemilik KIP. Sama seperti UI, Undip menyiapkan 3 jalur bagi pemilik KIP kuliah, yakni SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi mandiri.

Khusus seleksi mandiri Undip atau yang lebih dikenal dengan Ujian Mandiri (UM), calon mahasiswa harus mampu menunjukkan kepemilikan KIP dan nilai rapor.

Dalam laman resmi PMB Undip juga disebutkan bahwa peserta UM wajib membuat esai wawasan kebangsaan. Bagi calon mahasiswa asal program saintek dan soshum, maka diperbolehkan memilih 2 program studio sesuai asal program.

Sementara, mereka yang ingin lintas jurusan atau campuran, bisa memilih 1 program studi saintek dan 1 program studi soshum.

3. Universitas Trisakti

Salah satu universitas swasta terkemuka di Indonesia, Trisakti, menyediakan program bagi pemilik KIP kuliah.

Mengutip laman resminya, kampus yang berada di Jakarta Barat ini tidak memberlakukan KIP bagi mahasiwa yang ingin menuntut ilmu di Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi.

Adapun syarat bagi peserta KIP yang berencana berkuliah di Trisakti adalah dengan melakukan pendaftaran di laman SPMB Trisakti dan mengunggah berkas-berkas yang disyaratkan.

Setelahnya, verifikasi berkas dan wawancara akan dilakukan pihak kampus, baru kemudian hasil seleksi diumumkan.

Mahasiswa penerima KIP yang diterima di Trisakti diharuskan mempunyai IPK kurang lebih atau sama dengan 3,0 selama menuntut ilmu.

4. Universitas Paramadina

Universitas selanjutnya yang menerima peserta KIP kuliah adalah Paramadina. Melalui laman resminya, pihak Universitas Paramadina menjelaskan bahwa penerima KIP kuliah akan dibebaskan biaya pendidikan selama maksimal 8 semester.

Mereka juga akan mendapatkan subsidi biaya hidup sesuai domisili universitas pilihan sebesar Rp1,4 juta per bulan selama masa studi 8 semester.

Beberapa program studi yang dibatasi dalam penerimaan peserta KIP adalah Hubungan Internasional, DKV (Desain Komunikasi Visual), Ilmu Komunikasi, Psikologi, dan Manajemen. Sementara itu, jurusan yang memiliki kuota mahasiswa lebih banyak adalah Falsafah dan Agama, Desain Produk, dan Teknik Informatika.

5. Universitas Mercubuana Yogyakarta

Di Yogyakarta, Universitas Mercubuana menerima peserta KIP kuliah. Laman PMB Mercubuana Yogyakarta menyebut, pendaftaran jalur beasiswa KIP berlangsung 8 Juni sampai 31 Agustus 2022 dan bisa diikuti dengan melakukan pendaftaran di laman KIP kuliah Kemendikbud dan Universitas Mercubuana.

Biaya pendaftaran yang dipatok adalah Rp200 ribu per orang. Jika calon mahasiswa diterima beasiswa KIP, maka dana yang sudah dibayarkan akan dikembalikan 100%.

Sementara itu, seleksi dilakukan oleh tim PMB Mercubuana Yogyakarta yang tentunya sangat profesional.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1665 seconds (0.1#10.140)