Nyaman di Luar Negeri, 138 Alumni LPDP Ogah Pulang ke Tanah Air

Rabu, 03 Agustus 2022 - 01:56 WIB
loading...
Nyaman di Luar Negeri, 138 Alumni LPDP Ogah Pulang ke Tanah Air
Ratusan alumni penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) ogah pulang ke tanah air. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebanyak 15.930 dari total 32.826 penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) telah menyelesaikan studinya di luar negeri. Para alumni ini diwajibkan untuk pulang ke Indonesia untuk pengabdian.

Sayangnya, di antara alumni-alumni tersebut yang jumlahnya ratusan, masih enggan untuk kembali ke tanah air dengan sejumlah alasan.



Sempat viral di media sosial menyangkut fenomena para alumni penerima LPDP di luar negeri yang memilih tidak pulang ke Indonesia.

Padahal, dalam kontraknya dengan LPDP, para alumni ini diwajibkan untuk kembali dan melaksanakan pengabdian di tanah air selama 2 kali masa studi ditambah 1 tahun (2n +1 tahun).

Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto mengatakan, saat ini jumlah alumni yang belum kembali setelah menyelesaikan studinya mencapai 138 orang.



"Alumni yang belum kembali pasca studi berjumlah 138 orang atau sekitar 0,9% total 15.930 alumni," ujar Andin, baru-baru ini.

Lebih lanjut ia menjelaskan, para alumni ini sedang dalam proses penindakan berupa konfirmasi, penerbitan surat peringatan, dan pemeriksaan. Apabila tindakan ini tak digubris, akan dilakukan proses penagihan jika tidak kembali ke Indonesia untuk berkarya.

Adapun Andin menambahkan, total alumni yang sudah ditindak dan kemudian kembali ke Indonesia ialah sebanyak 175 orang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1082 seconds (0.1#10.140)