Catat Ya, Ini Durasi dan Jumlah Soal ANBK Jenjang SMP

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 15:16 WIB
loading...
Catat Ya, Ini Durasi dan Jumlah Soal ANBK Jenjang SMP
Informasi mengenai durasi dan jumlah soal Asesmen Nasional untuk jenjang SMP. Foto/Ilustrasi/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Asesmen Nasional Berbasis Komputer ( ANBK ) akan kembali digelar tahun ini. Asesmen yang akan memotret mutu pendidikan ini juga akan dilaksanakan di jenjang Sekolah Menengah Pertama ( SMP ).

Masih sama seperti tahun sebelumnya, pada ANBK 2022 ini terdapat tiga instrumen. Di antaranya adalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Lingkungan Belajar, dan juga Survei Karakter. Pelaksanaan Asesmen Nasional akan secara daring ataupun semi daring.

Asesmen Nasional tidak hanya akan berlangsung di sekolah umum, namun juga Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK), serta Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) yang terdaftar dalam Dapodik atau EMIS dan memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) yang valid.

Baca: 30 Jurusan SMK Ini Punya Peluang Kerja Menjanjikan di Masa Depan

Asesmen Nasional merupakan evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk memetakan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dengan menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

Dikutip dari laman Direktorat Sekolah Menengah Pertama Kemendikbudristek, berikut ini waktu pengerjaan dan jumlah soal di Asesmen Nasional jenjang SMP.

1. Asesmen Kompetensi Minimum: Waktu 90 menit

Asesmen Kompetensi Minimum atau AKM adalah bagian dari Asesmen Nasional yang menguji kemampuan literasi membaca dan juga literasi numerasi. Karena terdiri dari dua literasi, pelaksanaan AKM dibagi menjadi dua hari. Hari pertama peserta didik akan mengerjakan literasi membaca, sedangkan literasi numerasi dikerjakan di hari kedua.

Untuk masing-masing AKM, peserta didik jenjang SMP diberikan waktu sebanyak 90 menit dalam mengerjakan soal-soal yang akan ditampilkan. Jumlah soal baik literasi membaca dan juga literasi numerasi adalah 36 butir soal yang terbagi ke dalam tiga stage.

Baca juga: Asesmen Nasional akan Kembali Digelar, Cek Lini Masanya untuk Jenjang SMP
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1546 seconds (11.210#12.26)