30 Jurusan SMK Ini Punya Peluang Kerja Menjanjikan di Masa Depan

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 14:38 WIB
loading...
30 Jurusan SMK Ini Punya Peluang Kerja Menjanjikan di Masa Depan
30 jurusan di SMK yang mempunyai peluang kerja menjanjikan di masa depan. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Bagi kalian yang setelah lulus sekolah mau langsung kerja, masuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bisa menjadi pilihan tepat. 30 jurusan yang banyak diminati diSMK ini bisa menjadi pilihanmu untuk meraih pekerjaan menjanjikan di masa depan.

SMK merupakan pendidikan kejuruan yang mempersiapkan peserta didiknya untuk bisa langsung bekerja sesuai dengan keahlian yang ditekuni. Oleh karena itu, siswanya akan diberikan penguasaan akan pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai yang dibutuhkan oleh dunia kerja.

Bagi kalian yang ingin masuk SMK, berikut ini ada 30 daftar jurusan SMK paling diminati dan memiliki prospek karier yang menjanjikan di masa depan berikut ini, yang dikutip dari laman Ruangguru.

Baca: Wadahi Kompetensi Siswa SD-SMP, Kemendikbudristek Gelar Olimpiade Sains Nasional

1. Administrasi Perkantoran

Jurusan ini akan belajar seputar administrasi di lingkungan perkantoran, misalnya tentang penataan surat menyurat, pengetikan dokumen, hingga pengelolaan arsip-arsip penting di kantor. Prospek kariernya luas, misalnya sebagai sekretaris, petugas administrasi, kearsipan, resepsionis, dan masih banyak lagi.

2. Akuntansi

Jurusan SMK yang paling banyak dicari pastinya adalah jurusan Akuntansi. Berbagai bentuk transaksi keuangan, mulai dari mencatat, mengelola, mengelompokkan dan menyajikan data akan dipelajari. Peluang kerjanya di berbagai perusahaan besar sebagai staff bidang akuntansi, perbankan, internal auditor, dan sebagainya.

3. Analis Kimia

Analis Kimia adalah salah satu jurusan di SMK yang paling banyak dicari di dunia kerja. Kalian akan belajar banyak seputar laboratorium kimia, alat industri kimia, operasi teknik kimia, dan sebagainya. Prospek kerjanya pun beragam mulai dari staff laboratorium, analis mikrobiologi, research and development, hingga quality control di berbagai perusahaan.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2749 seconds (0.1#10.140)