12 Sekolah Penerbangan Ini Bisa Membawamu Jadi Pilot Profesional

Sabtu, 06 Agustus 2022 - 15:08 WIB
loading...
12 Sekolah Penerbangan Ini Bisa Membawamu Jadi Pilot Profesional
12 sekolah penerbangan di Indonesia bagi yang ingin menjadi pilot profesional. Foto/Shutterstock.
A A A
JAKARTA - Menjadi pilot masih menjadi cita-cita dambaan setiap orang. Perjuangan menjadi pilot pesawat komersial profesional dimulai dengan menempuh pendidikan di sekolah penerbangan terlebih dulu.

Mencapai catatan 150 jam latihan menjadi satu di antara syarat menjadi pilot profesional. Selain itu juga harus memiliki ketahanan fisik yang baik, terutama kesehatan mata dan gigi. Menguasai bahasa Inggris dengan lancar juga harus dimiliki jika ingin menjadi pilot.

Bagi kalian yang tertarik menjadi pilot atau bekerja di bandara, berikut ini 12 sekolah penerbangan yang bisa menjadi pilihanmu untuk menggapai cita-cita tersebut yang dikutip dari laman resmi Ruangguru.

Baca: Ini 20 SMK Terbaik di Indonesia Versi LTMPT, Bisa Jadi Referensi Sebelum Mendaftar

1. Bali International Flight Academy

BIFA merupakan sebuah sekolah penerbangan dengan sertifikasi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan Internasional Civil Aviation Organization yang terletak di Buleleng, Bali. Persyaratan peserta didik BIFA antara lain, berusia 18-33 tahun, pendidikan minimum SMA jurusan IPA, memiliki tinggi minimum 165 cm, sehat jasmani. Selain itu, proses seleksi membutuhkan minimum nilai TOEIC sebesar 700. BIFA menyediakan tiga program studi yakni Pilot Private License (PPL), Commercial Pilot License (CPL), dan Instrument Rating (IR).

2. Akademik Teknik dan Keselamatan Penerbangan

Akademik Teknik dan Keselamatan Penerbangan atau ATKP adalah sekolah penerbangan yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan. Akademi ini melaksanakan pendidikan profesional untuk program diploma di bidang keahlian teknik dan keselamatan penerbangan. Bagi kamu yang berminat, ATKP berada di tiga daerah di Indonesia yaitu Surabaya, Makassar, dan Medan.

ATKP akan mengajarkan peserta didik tentang beberapa hal terkait teknik dan keselamatan penerbangan seperti:

- Teknis bandara
- Navigasi udara
- Penanganan bagasi
- Teknik perawatan pesawat
- Teknik keselamatan dalam penerbangan

3. Bandung Pilot Academy

Sekolah penerbangan di Bandung ini didirikan tahun 2008. Proses belajar di Bandung Pilot Academy atau BPA sudah menggunakan teknologi canggih. Kalian pun akan banyak berlatih secara langsung di Bandara Husein Sastranegara, Bandung.

Sama seperti sekolah lainnya, di sekolah ini kalian bisa mendapatkan pendidikan untuk lisensi pilot pribadi, lisensi pilot pesawat komersil, izin terbang pesawat multi-engine, dan izin terbang tambahan.

4. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia

STPI merupakan sekolah kedinasan milik Kementerian Perhubungan yang terletak di Tangerang, Banten. STPI memiliki empat jurusan yakni, jurusan penerbang, teknik penerbangan, keselamatan penerbangan, dan manajemen penerbangan. Jalur penerimaan calon taruna STPI dibagi menjadi dua: SIPENCATAR (Seleksi Penerimaan Calon Taruna) dan SWADANA. Seleksi penerimaan Taruna, baik dari jalur SIPENCATAR dan SWADANA terdiri atas beberapa tahapan:

- Tes Potensi Akademik (TPA)
- Psikotes
- Tes kesehatan
- Tes Kesempatan dan Wawancara

Baca juga: 30 Jurusan SMK Ini Punya Peluang Kerja Menjanjikan di Masa Depan

5. Ganesa Flight Academy

Sekolah penerbangan ini memiliki markas dan tempat latihan yang berlokasi di Tulung Wulung, Cilacap. Sekolah yang berdiri sejak tahun 2012 lalu menawarkan empat program pelatihan, antara lain:

- Private Pilot License (PPL) atau lisensi pilot pribadi
- Instrument Rating (IR) atau izin terbang tambahan
- Commercial Pilot License (CPL) atau lisensi pilot pesawat komersil
- Multi-Engine Rarting (MER) atau izin terbang pesawat multi-engine

Durasi pelatihan di Ganesa Flight Academy juga tergolong lebih singkat dibandingkan sekolah lainnya, yaitu hanya 14 bulan.

6. Nusa Flying International

Sekolah Nusa Flying International yang sudah berdiri sejak 2008 ini memiliki markas sekolah di Kalimalang, Bekasi. Untuk tempat pelatihannya biasanya menggunakan beberapa bandara seperti Ahmad Yani Airport atau Bandara Raden Inten II. Waktu pelatihannya pun tergolong cukup singkat yaitu sekitar 1,5 tahun saja.

7. Politeknik Penerbangan Surabaya

Politeknik Penerbangan Surabaya merupakan sekolah kedinasan dengan Kementerian Perhubungan. Beberapa program studi yang tersedia antara lain, D3 Teknik Pesawat Udara, D3 Teknik Bangunan dan Landasan, D3 Manajemen Transportasi Udara. Peserta didik diharuskan memiliki tinggi minimum 160 untuk pria dan 155 cm bagi wanita. Selain itu, calon Taruna/i tidak diperbolehkan bertato dan ditindik. Tahapan seleksi Politeknik Penerbangan Surabaya tidak jauh berbeda dengan STPI Curug. Perlu diingat bahwa calon Taruna/i hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan pada suatu kementerian atau lembaga.

8. Deraya Flying School

Sekolah penerbangan di Jakarta, tepatnya di Halim, yaitu Deraya Flying School merupakan sekolah penerbangan tertua di Indonesia. Sekolah ini sudah berdiri sejak tahun 1972 silam dengan pusat pelatihan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Ada dua paket progam pendidikan yang ditawarkan, yaitu tiga lisensi dan empat lisensi. Durasi pelatihan keduanya pun berbeda. Untuk pendidikan tiga lisensi membutuhkan durasi 1,5 tahun, sementara empat lisensi dengan durasi pelatihan 2 tahun.

9. Perkasa Flight School

Selanjutnya ada Perkasa Flight School yang memiliki tiga basis pelatihan yaitu di Bandara Tunggul Wulung Cilacap, Bandara Cakrabuana Cirebon, dan Bandara Nusawiru Pangandaran. Sekolah ini sudah menjalin kemitraan dengan berbagai lembaga luar negeri lho seperti sekolah penerbangan di Eropa dan Turki serta maskapai penerbangan Turki dan Rumania. Di sekolah ini kamu akan mendapatkan pelatihan pilot hingga 500 jam terbang.

10. Aero Flyer Institute

Sekolah penerbangan Aero Flyer Institute terletak di tiga lokasi berbeda, Bandara Budiarto–Tangerang, Bandara Cakrabhuwana Cirebon–Jawa Barat dan Bandara Fatmawati Soekarno–Bengkulu. Program studi yang tersedia antara lain Private Pilot License (PPL), Commercial Pilot License (CPL), dan Flight Instructor Course. Hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk mendaftar ke Aero Flyer Institute antara lain, surat izin orang tua, CV, Surat Keterangan Catatan Kepolisian, fotokopi akta kelahiran, KTP, dan kartu keluarga.

11. Eagle Air Academy

Di sekolah ini para calon pilot akan mendapatkan berbagai pelajaran tentang teknik penerbangan yang baik hingga menjadi profesional handal. Kalian akan disuguhkan dengan berbagai teori dan praktik mengemudikan serta mengendalikan pesawat. Para guru atau instruktur di sekolah ini juga sudah terkenal akan kemahirannya. Kurikulum yang diterapkan juga sudah berstandar pada penerbangan modern.

12. Alfa Flying School

Alfa Flying School berdiri sejak 2007 dan telah terakreditasi oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Sekolah penerbangan ini terletak di tiga tempat: Jakarta Halim, Cilacap Tunggul Wulung, dan Cirebon Cakrabhuwana. Proses seleksi yang berlaku mulai dari kesehatan gigi, medical examination, Test of English for Internasional Communication (TOEIC), tes psikologi, matematika dasar, dan wawancara. Program yang ditawarkan bermacam-macam seperti Private Pilot License, Commercial Pilot License + Instrument Rating, Multi Engine Rating, Redbird Simulator¸ dan lain-lain.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1837 seconds (11.97#12.26)