Ciptakan SDM Unggul, Minat dan Bakat Siswa Perlu Dimaksimalkan Sejak Dini

Sabtu, 06 Agustus 2022 - 16:28 WIB
loading...
Ciptakan SDM Unggul, Minat dan Bakat Siswa Perlu Dimaksimalkan Sejak Dini
Untuk memaksimalkan pembelajaran sesuai minat dan bakat siswa, SWA mengenalkan program BEST Pathways. Foto/SWA
A A A
JAKARTA - Peningkatan kemampuan siswa sesuai minat dan bakatnya perlu dikembangkan sejak dini. Dengan bekal ilmu dan kemampuan yang mumpuni maka lulusan sekolah yang unggul akan tercipta.

Menurut General Manager Sinarmas World Academy (SWA) Deddy Djaja Ria, mengawali tahun ajaran 2022/2023, pihaknya siap membawa warna berbeda dalam kegiatan belajar mengajar bagi para siswanya. Yakni dengan mengenalkan program BEST Pathways yang memiliki fokus pada empat jalur akademis, yakni Business, Engineering, Science & Technology, dan Arts.

Dia menjelaskan, program ini dirancang khusus untuk mendukung setiap siswa mendapatkan ilmu dan mengembangkan kemampuan sesuai minat dan bakatnya, dengan tujuan akhir untuk mempersiapkan lulusan sekolah yang tidak hanya berhasil dari segi akademis. Tetapi juga memiliki banyak pengalaman yang bisa menjadi bekal di perguruan tinggi dan karier.

Baca: Berambisi Jadi Guru, Ini Kisah Tika yang Berhasil Lolos SNMPTN di UNY

“Melalui BEST Pathways, SWA berkomitmen untuk memberikan dukungan sampai ke tingkat personal sehingga setiap anak mendapatkan pengalaman belajar yang sesuai dengan bidang yang mereka pilih sendiri,” katanya, melalui siaran pers, Sabtu (6/8/2022).

Dirancang dengan memperhatikan banyak aspek pembelajaran dan tumbuh kembang anak, katanya, nantinya program ini akan diintegrasikan secara bertahap sehingga memiliki pendekatan yang berbeda antar tingkat usia.

Deddy memberi contoh, pada tahap usia dini, pendekatan yang dilakukan akan diintegrasikan dengan kurikulum Early Years Foundation Stage, kurikulum pembelajaran berbasis permainan. Di tahap ini, setiap anak akan mendapat kesempatan yang sama untuk mencoba berbagai macam kegiatan dalam kelas.

“Mulai dari pengenalan literasi dan angka, kegiatan menjelajah di alam terbuka, hingga memanfaatkan kecanggihan teknologi dan menggunakannya untuk berkarya, di tahap ini SWA mendorong setiap anak untuk terlibat dalam seluruh aktivitas sembari mencari hal yang menjadi minat dan bakatnya,” kata Deddy.

Berlanjut di tahap sekolah dasar, program ini akan diterapkan dengan cara mempelajari dan menganalisa perkembangan setiap siswa untuk kemudian menjadi basis data yang digunakan tim akademis dalam memberikan dukungan tambahan sesuai dengan apa yang masing-masing siswa butuhkan secara personal.

Dukungan tambahan yang dimaksud berupa mata pelajaran akhir setiap harinya, atau yang disebut oleh SWA dengan istilah “9th Period”, yang materinya bisa dipilih oleh setiap siswa secara berbeda sesuai kebutuhannya atau kemahirannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1760 seconds (0.1#10.140)