8 Perguruan Tinggi Milik Pemerintah Tanpa Ikatan Dinas, Mana Pilihanmu?

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 19:55 WIB
loading...
8 Perguruan Tinggi Milik Pemerintah Tanpa Ikatan Dinas, Mana Pilihanmu?
Delapan perguruan tinggi milik pemerintah tanpa ikatan dinas. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Perguruan tinggi milik pemerintah menawarkan berbagai jurusan tanpa ikatan dinas bagi para lulusannya. Simak daftar delapan perguruan tinggi ini yang bisa menjadi rekomendasi untuk menempuh pendidikan tinggi .

Biasanya lulusan SMA dan sederajat yang ingin kuliah memilih perguruan tinggi negeri ataupun perguruan tinggi swasta yang banyak tersebar di penjuru Tanah Air.

Namun, selain PTN dan PTS ada perguruan tinggi di bawah naungan kementerian atau lembaga yang menempa para mahasiswanya di jurusan kuliah di bidang spesifik tertentu dan tanpa ikatan dinas.

Baca juga: 15 Kampus Terbaik di Indonesia Versi UniRank 2022, UI No 1

Keunggulan jika memilih perguruan tinggi milik pemerintah ini adalah memiliki ilmu yang dibutuhkan kementerian/lembaga yang bersangkutan. Atapun mengetahui informasi lebih cepat mengenai penerimaan pegawai, dan banyak keuntungan lainnya dibandingkan mahasiswa lain.

Di antara sekian banyak perguruan tinggi milik pemerintah yang ada, berikut dirangkum delapan perguruan tinggi di bawah kementerian tanpa ikatan dinas yang ditulis tanpa daftar urutan tertentu.

Simak juga profil singkat perguruan tinggi tersebut yang dikutip dari laman resmi masing-masing yang bisa menjadi informasi bermanfaat untuk melanjutkan pendidikan.

1. Politeknik Pekerjaan Umum (PPU) Semarang

PPU merupakan terobosan Kementerian PUPR untuk memenuhi kebutuhan dunia industri atas tenaga konstruksi terampil. PPU memiliki tiga program studi DIII yakni Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung, Teknologi Konstruksi Bangunan Air, dan Teknologi Konstruksi Jalan dan Jembatan

Pada penerimaan calon mahasiswa baru PPU di Semarang Tahun Akademik 2022/2023, peserta yang bisa mendaftar adalah lulusan 2021 atau 2022 SMA/MA (IPA) atau SMK/MA Kejuruan dengan Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti (Konstruksi Gedung, Sanitasi dan Perawatan; Konstruksi Jalan, lrigasi dan Jembatan; Bisnis Konstruksi dan Properti; Desain Pemodelan dan lnformasi Bangunan).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1460 seconds (0.1#10.140)