5 Manfaat Ikut Paskibraka, Disiplin hingga Tumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air

Senin, 15 Agustus 2022 - 15:25 WIB
loading...
5 Manfaat Ikut Paskibraka, Disiplin hingga Tumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air
Lima manfaat mengikuti Paskibraka. Foto/Ilustrasi/Antara.
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima manfaat jika siswa mengikuti Paskibraka . Tidak hanya melatih disiplin dan kerja sama tim namun juga menumbuhkan rasa cinta Tanah Air .

Pada upacara pengibaran bendera pusaka saat Hari Ulang Tahun Republik Indonesia di Istana Merdeka, pasukan pengibar bendera pusaka atau yang dikenal dengan Paskibraka menjadi salah satu sorotan yang tidak bisa dilewatkan.

Aksi kekompakan baris-berbaris yang dilakukan oleh para pasukan pengibar bendera pusaka ini tentunya membuat kita berdecak kagum. Kepiawaian baris-berbaris yang mereka lakukan bukanlah sebuah proses yang instan. Mereka dikarantina dalam kurun waktu tertentu dan ditempa dengan berbagai ilmu.

Baca juga: HUT ke-77 RI di Istana Merdeka, GBN akan Dipimpin Konduktor Wanita Pertama

Ternyata ada banyak manfaat yang bisa didapat ketika menjadi seorang anggota Paskibraka. Dikutip dari laman Direktorat Sekolah Menengah Pertama Kemendikbudristek, simak lima manfaatnya.

1. Disiplin

Disiplin adalah hal yang sudah pasti diterapkan dan akan selalu diingat oleh para anggota Paskibraka, bahkan setelah mereka tidak lagi bertugas. Seluruh anggota Paskibraka saat masa karantina dilatih untuk disiplin mengikuti setiap aturan dan jadwal yang ada. Maka dari itu, kedisiplinan bukan lagi hal yang diragukan dari seorang anggota Paskibraka.

2. Manajemen waktu yang baik

Selain kedisiplinan, menjadi anggota Paskibraka akan membuat kita piawai dalam mengatur waktu. Tak ayal, pelatihan Paskibraka memiliki segudang jadwal yang cukup padat (baik di lapangan maupun di dalam ruangan). Manajemen waktu yang baik akan bisa kamu dapat dengan menjadi seorang anggota Paskibraka.

Baca juga: IOI 2022 Berakhir, Indonesia Berhasil Sabet 8 Medali
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1852 seconds (0.1#10.140)