HUT ke-77 RI di Istana Merdeka, GBN akan Dipimpin Konduktor Wanita Pertama

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 15:15 WIB
loading...
HUT ke-77 RI di Istana Merdeka, GBN akan Dipimpin Konduktor Wanita Pertama
Konduktor Gita Bahana Nusantara Nathania Karina saat sesi latihan. Foto/Kemendikbudristek.
A A A
JAKARTA - Kehadiran Gita Bahana Nusantara (GBN) dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI selalu menjadi magnet tersendiri. GBN tahun ini makin menarik karena akan dipimpin konduktor wanita pertama pemilik gelar ganda lulusan University of Melbourne.

Penampilan GBN menjadi salah satu segmen yang dinanti karena berisi suguhan apik dari putra-putri bangsa yang bertalenta di bidang musik dan vokal. Tiba di Wisma Kinasih, Depok, Jawa Barat, 6 Agustus 2022, peserta Paduan Suara dan Orkestra Gita Bahana Nusantara menjalani pemusatan latihan yang berlangsung kurang lebih selama 14 hari.

Baca juga: 7 Kelebihan PPPK Dibanding PNS, Gajinya pun Bisa Lebih Besar

Ada yang berbeda dari tampilan GBN 2022. Tahun ini, konduktor yang akan memimpin pergelaran GBN adalah Nathania Karina atau yang akrab disapa Nia, lulusan University of Melbourne yang memiliki gelar ganda yaitu Pertunjukan Piano dan Pendidikan Musik.

Mendapat amanah menjadi konduktor wanita pertama untuk pergelaran GBN membuatnya merasa sangat senang, bangga dan bersemangat untuk bertemu dengan anak-anak dari 34 provinsi di Indonesia.

“Selama menjalani pemusatan latihan hingga hari ini, saya merasa tidak ada kendala sama sekali. Saya malah sangat bersemangat setiap mengawali hari latihan dengan mereka. Menurut saya GBN ini versi mini Indonesia, kapan lagi kan bisa kenal anak-anak dari berbagai provinsi dalam satu waktu?” ujar Nathania, melalui siaran pers, Sabtu (13/8/2022).

Berbagai persiapan ia lakukan setelah menerima kabar akan bertindak sebagai konduktor di pergelaran GBN tahun ini, seperti pelatihan teknis dan juga mental. Mengawali kebersamaannya dengan komunitas GBN yang sudah mumpuni di Wisma Kinasih, Nia melakukan riset singkat tentang GBN termasuk menonton berbagai pertunjukkan GBN di YouTube.

Baca juga: HI UNPAR Gelar Konferensi Internasional, Bahas Sejumlah Tantangan Global

“Kepada teman-teman saya berpesan agar menjaga diri terutama kesehatan hingga pergelaran nanti. Mereka harus berbangga sudah bisa terpilih untuk tampil di Istana Merdeka, di hadapan berbagai tamu kehormatan, terutama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo,” ucapnya membangkitkan semangat peserta.

“GBN tidak sekadar paduan suara dan orkestra namun juga sebagai wadah pembentukan karakter dan bentuk rasa cinta terhadap tanah air, yang disajikan saat Hari Ulang Tahun Republik Indonesia, yang tahun ini menginjak usia 77 tahun,” kata Direktur Jenderal Kebudayaan, Kemendikbudristek,Hilmar Farid.

Tahun ini Gita Bahana Nusantara atau yang biasa disingkat GBN akan menyanyikan total 17 lagu di Istana Merdeka dan Gedung DPR/MPR. Salah satu yang menarik ialah persembahan Medley Nusantara yang akan disajikan dengan koreografi apik nan indah. Medley Nusantara merupakan aransemen dari kumpulan berbagai lagu daerah seperti Indung-Indung, Tutu Koda, Bindhe Biluhuta, Sang Bumi Ruwa Jurai, Lir Sa’alir, O’ Ulate dan E Mambo Simbo.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1927 seconds (0.1#10.140)