Cerita Shavinna Aysha, Mahasiswi Universitas Esa Unggul yang Lolos IISMA 2022

Selasa, 16 Agustus 2022 - 10:34 WIB
loading...
Cerita Shavinna Aysha, Mahasiswi Universitas Esa Unggul yang Lolos IISMA 2022
Shavinna Aysha Sulistiyani, mahasiswi UEU, Program Studi Ilmu Hukum dinyatakan lolos pada University of Szeged, Hungary. Foto/Dok/UEU
A A A
JAKARTA - Minat para mahasiswa untuk mengikuti Program Kampus Merdeka , salah satunya Indonesian International Student Mobility awards (IISMA) 2022,sangat besar.

Keingintahuan kehidupan sosial di negara lain sekaligus belajar di luar negeri secara gratis merupakan impian sekaligus alasan bagi para mahasiswa untuk mendaftar program ini.

Baca juga: Peneliti ITB: Belajar sambil Bermain Paling Cocok untuk Mendidik Generasi Z

Shavinna Aysha Sulistiyani, mahasiswi Universitas Esa Unggul (UEU), program studi ilmu hukum dinyatakan lolos pada University of Szeged, Hungary. Ia mengatakan, awal mula mengetahui informasi tentang IISMA 2022 dari pesan broadcast pada WhatsApp Grup yang diberikan oleh dosen pembimbing akademik.

Saat diwawancarai pada Selasa (10/8/2022), Shavinna mengungkapkan, alasan mendaftar IISMA 2022 karena ia suka, senang dan bersemangat untuk belajar budaya, bahasa, makanan, kehidupan sosial dan sistem hukum di negara lain.

Hal tersebut dapat memperluas pemahaman tentang berbagai aspek kehidupan di Indonesia maupun internasional, serta menambah relasi pertemanan dari bebagai latar belakang.

Baca juga: 5 Beasiswa Luar Negeri Ini Tawarkan Banyak Jurusan, Dari Korea hingga Hungaria

“Menurutku, ini akan membantuku untuk menjadi pribadi yang berpikiran lebih terbuka, toleran, dan memiliki wawasan luas tentang berbagai isu yang ada sehingga nantinya aku dapat membantu orang dan komunitas di sekitar aku dengan transfer knowledge bermanfaat yang didapatkan selama di luar negeri, serta mengimplementasikan kemampuan dan pengetahuan yang telah aku dapatkan untuk kemajuan diri, komunitas di sekitarku serta bangsa dan negara Indonesia,” ucap Shavinna dalam keterangan pers, Selasa (16/8/2022).

Menurutnya, ada beberapa tahapan seleksi, pertama seleksi berkas oleh KUI Universitas, selanjutnya tahap interview oleh pihak KUI Universitas, dan setelah dinyatakan lulus, dilanjutkan dengan isi data diri, mata kuliah, universitas yang dituju, mengisi essay, dan menunggu dokumen lain untuk diunggah di portal IISMA serta menunggu hasil seleksi pengumuman berkas.

Ia mengatakan, setelah dinyatakan lulus tahap seleksi berkas, selanjutnya tahap interview, dan sebelum proses interview terdapat tes kebangsaan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa peserta IISMA 2022. Lalu mengikuti proses interview sesuai jadwal yang ditentukan. Setelah penantian panjang ia diterima di pilihan pertama, yaitu University of Szeged, Hungary.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1609 seconds (10.55#12.26)