Jokowi: Siswa dan Mahasiswa Harus Dikenalkan Dunia Kerja Sejak Dini

Selasa, 16 Agustus 2022 - 13:27 WIB
loading...
Jokowi: Siswa dan Mahasiswa Harus Dikenalkan Dunia Kerja Sejak Dini
Presiden Joko Widodo saat menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD 2022. Foto/Biro Pers Sekretariat Presiden
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemerintah agar bersama-sama membangun kualitas pendidikan Indonesia sejak dini. Salah satunya, dengan turut mengenalkan dunia kerja kepada siswa dan mahasiswa guna membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

"Akses anak usia didik terhadap layanan pendidikan yang berkualitas harus terus diprioritaskan. Para siswa dan mahasiswa harus dikenalkan pada dunia kerja sejak dini," ujar Jokowi dalam pidatonya, Selasa (16/8/2022).

Baca juga: UEU dan APTISI Gelar Seminar Kolaborasi Bahas Strategi Mendapatkan Akreditasi Unggul

Lebih lanjut, Jokowi menuturkan, terdapat beberapa aspek yang perlu digenjot dalam dunia pendidikan. Termasuk, mengenai teknologi, sains hingga olahraga. Sehingga, kata Jokowi, perlu adanya budi pekerti yang luhur dengan dibarengi Ideologi Pancasila.

"Minat anak di bidang sains, teknologi, seni, dan olahraga harus didukung dan diapresiasi. Oleh karenanya, budi pekerti yang luhur, ideologi Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan patriotisme merupakan pilar utama," paparnya.

Tak hanya itu, Jokowi turut meminta pemerintah bersama-sama membangun semangat gairah kebangsaan. Hal itu, ungkap Jokowi, dengan meningkatkan seni dan tradisi lokal dengan program dana abadi Kemendikbudristek.

"Seni dan tradisi lokal dengan semangat kebangsaan harus terus digairahkan. Karya sastra dan film karya seniman muda harus terus didukung. Dana Abadi Kebudayaan akan terus kita tingkatkan sesuai kemampuan fiskal pemerintah," jelasnya.

Baca juga: Guru Besar UGM dan 28 Ilmuwan Internasional Jadi Mentor Peneliti Muda Indonesia

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Gedung DPR RI untuk mengikuti Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI - DPD RI, Rapat Paripurna DPR RI, Selasa (16/8/2022).

Jokowi tiba sekitar pukul 08.58 WIB dengan mengenakan pakaian adat Bangka Belitung bernuansa hijau. Jokowi juga mengenakan masker cokelat, sedangkan istrinya Iriana Jokowi mengenakan kebaya dominan merah muda.

Kehadiran orang nomor satu di Indonesia itu juga diiringi alunan musik dari marching band kepolisian Republik Indonesia. Sebelum memasuki Gedung Nusantara, Jokowi sempat menyapa awak media.

Hari ini Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato kenegaraan di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta. Berdasarkan jadwal yang diterima dari MPR RI, Presiden akan berpidato sebanyak 2 kali yakni mulai pukul 10.18 - 11.03 WIB dan dilanjutkan 13.50 - 14.35 WIB.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1736 seconds (10.177#12.26)