Berasal dari Bahasa Sanskerta, Ini Makna Kata Dirgahayu

Rabu, 17 Agustus 2022 - 07:40 WIB
loading...
Berasal dari Bahasa Sanskerta, Ini Makna Kata Dirgahayu
Kata dirgahayu berasal dari bahasa Sanskerta yakni dirghayuh. Foto/Instagram Kemensetneg.
A A A
JAKARTA - Memasuki Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ( HUT RI ), kata "dirgahayu" kerap muncul menghiasi ruang publik. Meski sudah cukup familiar namun banyak orang yang belum mengetahui asal usul dan makna kata "dirgahayu".

Slogan "Dirgahayu ke-77 RI" atau "HUT ke-77 RI" banyak ditulis di gapura suatu kawasan, gedung, ataupun perumahan. Kata "dirgahayu" juga banyak menghiasi bentangan spanduk hingga poster di berbagai media sosial.

Tradisi yang jamak terjadi setahun sekali ini dilakukan masyarakat untuk memeriahkan perayaan kemerdekaan Republik Indonesia. Namun tahukah kamu bagaimana asal usul kata "dirgahayu" tersebut?

Baca juga: Mengenal Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Saksi Bisu Sejarah Kemerdekaan RI

Dikutip dari Instagram resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) @kemdikbud.ri, ternyata kata "dirgahayu" berasal dari bahasa Sanskerta yakni "dirghayuh".

Kata tersebut bermakna ‘bersinar cemerlang dalam masa hidup yang panjang’ dan "dirghayusa" yang bermakna ‘semoga diberkati usia panjang dan tumbuh secara harmonis, sehat, dan bugar’.

Baca juga: Ini Susunan Upacara 17 Agustus 2022 Sesuai Surat Edaran Kemendikbudristek

Bahasa Indonesia kemudian menyerap kata tersebut menjadi "dirgahayu" yang berarti "berumur panjang". Kata "dirgahayu" hanya digunakan untuk negara atau organisasi yang sedang memperingati hari jadi atau ulang tahunnya, misalnya Dirgahayu Republik Indonesia yang berarti 'panjang umur Republik Indonesia'.

Sementara itu, penulisan kata "dirgahayu" yang tepat juga menjadi info penting dan menarik untuk diketahui. Dikutip dari Instagram Badan Bahasa Kemendikbudristek @badanbahasakemendikbud, berikut ini beberapa contohnya.

1. Dirgahayu Republik Indonesia.
2. Dirgahayu RI.
3. Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1088 seconds (0.1#10.140)