UIN Jakarta Gelar ICEMS 2022 di Bandung untuk Rumuskan Gagasan Pendidikan yang Mutakhir

Minggu, 21 Agustus 2022 - 14:05 WIB
loading...
UIN Jakarta Gelar ICEMS 2022 di Bandung untuk Rumuskan Gagasan Pendidikan yang Mutakhir
FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar The 8th ICEMS 2022 pada 22 - 24 Agustus 2022 di Bandung secara hibrid. Foto/Dok/UIN Jakarta
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 telah mengubah wajah pendidikan Indonesia . Lembaga pendidikan kini mengombinasikan pembelajaran konvensional dan pembelajaran yang memanfaatkan platform digital serta menghasilkan inovasi dalam pembelajaran pasca-pandemi Covid-19.

“Dalam kondisi pasca-pandemi Covid-19, kita membutuhkan pembelajaran inovatif berbasis teknologi sehingga setiap orang dapat mengakses pendidikan yang berkualitas tinggi dan bermakna.” ujar Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Hj. Amany Lubis, M.A.

Baca juga: 5 Universitas Terbaik Indonesia yang Masuk Top 25 Perguruan Tinggi Terbaik di Asia Tenggara versi Webometrics

Menanggapi berbagai perubahan dan berbagai inovasi di bidang pendidikan pasca-pandemi Covid-19, FITK UIN Jakarta menggelar The 8th ICEMS 2022 dengan tema The Future of Education: Moderate, Inclusive, and Professional pada 22 - 24 Agustus 2022 di Grand Tjokro Premiere, Bandung secara hibrid.

“Dalam acara ICEMS 2022 ini kita perlu membincangkan masa depan pendidikan pasca-pandemi Covid 2019 berbasis riset dan praktik dari peneliti dalam maupun luar negeri, sehingga akan kita akan mendapatkan wawasan dan solusi atas persoalan-persoalan pendidikan mutakhir," imbuh Dr. Sururin, M.Ag., Dekan FITK Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hal serupa disampaikan Ketua Dewan Pers sekaligus Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Azyumardi Azra, M.Phil, CBE. yang menyatakan bahwa “ICEMS 2022 adalah acara penting di mana setiap peneliti dari berbagai pelosok nusantara dan mancanegara berbagi hasil riset dan bertukar gagasan terutama di bidang pendidikan dalam komunitas Muslim,” terangnya.

Baca juga: Beasiswa BRI 2022 Dibuka hingga 2 September, Ini Benefit dan Jaminan Karier di Bank BUMN

Konferensi internasional ini akan menghadirkan sekitar 160 pemakalah dari dalam dan luar negeri dan pembicara tamu dari mancanegara, seperti Prof. Stephen Dobson (New Zealand); Prof. Dr. Ts. Muhammad Sabrir bin Sahrir (Malaysia); Prof. Wadiaa Khoury (Libanon); Dr. Mohd Zulfahmi Bin Muhammad (Malaysia); dan Dr. Fathalla Mohamed Fathalla Zekaizak (Mesir).

Selain itu, akan hadir pula pembicara kunci Dr. H. Zainut Tauhid Sa'adi, M.Si. (Wakil Menteri Agama RI); Pembicara tamu, yaitu Prof. Dr. Azyumardi Azra, M.Phil. M.A. CBE., dan Muhammad Zuhdi, Ph.D. (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta); Prof. Dr. Syihabuddin, M.Pd. (UPI Bandung), Prof. Dr Abu Rokhmad (Balitbang Diklat Kemenag RI); Prof. Dr. Adlin Sila, M.A. Ph.D (Kemendikbudristek RI); Dr. Samidi, M.Ag., M.Si. (BLA Jakarta), Dr. Nuruddin, M.Si. (Sekretariat Jenderal Kemenag RI); dan Dr. Muharram Marzuki, Ph.D. (Balitbang Diklat Kemenag RI).

“Selain merumuskan gagasan pendidikan yang mutakhir, acara ICEMS 2022 adalah upaya menyokong isu transformasi digital yang diusung Pemerintah dalam KTT G20. Harapannya, ICEMS 2022 dapat menggagas pendidikan inklusif, moderat, dan profesional.” pungkas Ketua ICEMS 2022, Dr. Azkia Muharom Albantani, M.Pd.I.
(mpw)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1456 seconds (11.252#12.26)