15 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Para Introvert, Akuntansi hingga Sains

Rabu, 24 Agustus 2022 - 14:24 WIB
loading...
15 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Para Introvert, Akuntansi hingga Sains
15 jurusan kuliah yang cocok untuk para introvert. Foto/Shutterstock.
A A A
JAKARTA - Jurusan kuliah untuk para introvert terdiri dari berbagai macam. Namun bagi para introvert yang ingin proses studinya lancar berikut ini ada 15 jurusan kuliah yang sesuai dengan tipe kepribadianmu.

Tipe kepribadian umumnya dibagi menjadi tiga, yaitu introvert, ekstrovert, dan ambivert. Introvert beda halnya dengan pemalu. Seseorang yang introvert hanya merasa lebih nyaman ketika sedang sendirian.

Karena di waktu tersebut, mereka merasa lebih tenang sehingga bisa berkonsentrasi. Selain itu, introvert juga seringkali memilih membatasi dirinya untuk berada dalam keramaian agar tidak cepat merasa lelah.

Bagi calon mahasiswa dengan kepribadian introvert, memilih jurusan kuliah yang tepat juga penting agar studi di perguruan tinggi bisa lancar dan sukses. Dikutip dari laman Ruangguru, beberapa jurusan berikut ini bisa dipertimbangkan untuk kamu yang punya kepribadian introvert.

Baca juga: Guru Besar Unpad Kembangkan Mikrokapsul Minyak Asiri untuk Tekstil, Apa Fungsinya?

1. Akuntansi

Jika kalian suka berhitung dan termasuk orang teliti maka jurusan Akuntansi ini bisa menjadi rekomendasi. Bidang akuntansi memerlukan pribadi yang tidak banyak bicara tapi teliti dalam menghitung dan juga disiplin. Saat masuk ke jurusan ini, kalian akan banyak belajar menyiapkan suatu laporan keuangan yang akurat dan juga dapat dimanfaatkan dengan baik.

Di dunia kerja kalian akan bertanggung jawab untuk membuat dan memeriksa laporan dari berbagai dokumen keuangan. Laporan ini akan dimanfaatkan oleh para manager, pengambil kebijakan, pemegang saham, kreditur atau yang lainnya.

2. Ilmu Aktuaria

Jurusan Ilmu Aktuaria adalah jurusan yang mempelajari tentang actuarial science, yaitu ilmu yang merancang solusi dari permasalahan dan pengelolaan risiko pada industri asurasi, dana pensiun, jaminan sosial, investasi, perbankan, serta industri lainnya.

Jurusan Ilmu Aktuaria kerap juga disebut sebagai “Matematika Asuransi”. Apa sebabnya? Aktuaria sendiri merupakan ilmu tentang asuransi, atau ilmu tentang pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang. Kalian akan mendapatkan mata kuliah yang merupakan kombinasi antara ilmu tentang peluang, matematika, statistika, keuangan, pemrograman komputer, hingga data science atau big data.

Dengan belajar di jurusan ini kalian diharapkan dapat menjadi ahli madya asuransi yang punya keahlian praktis dalam bidang administrasi asuransi dan aktuaria, serta keahlian dalam profesi perencanaan keuangan personal.

3. Arsitektur

Jurusan Arsitektur mempelajari tentang desain dan rancangan konstruksi bangunan. Bidang arsitektur lebih cenderung menuangkan ide, konsep, dan desain di atas kertas, sedangkan untuk realisasi pembangunannya akan dikerjakan oleh Teknik Sipil. Untuk mendalami arsitektur, kalian harus mempelajari kekuatan bangunan (firmitas), estetika atau keindahan bangunan (venustas), dan fungsi bangunan (utilitas). Jurusan Arsitektur juga termasuk jurusan yang populer dengan banyak peminat di Indonesia.

4. Teknik Informatika

Jurusan ini cocok untuk kalian yang suka banget dengan bidang teknologi dan suka mengotak-atik komputer. Dalam proses pembelajarannya pun tidak memerlukan banyak interaksi dengan orang lain. Jurusan Teknik Informatika sangat berkaitan dengan komputer dan juga pengoperasiannya.

Kalian dituntut untuk fokus dengan apa yang kamu kerjakan, misalnya coding, membuat program, atau memperbaiki aspek teknis lain yang berhubungan dengan komputer. Jenis pekerjaan ini harus kamu tangani sendiri dan nggak menuntut kamu untuk mengerjakannya secara berkelompok. Lulusan dari jurusan Teknik Informatika juga semakin dicari.

5. Jurnalistik

Jurusan Jurnalistik adalah ilmu yang mempelajari tentang cara memproduksi, mengumpulkan, menyeleksi, dan mengolah informasi yang memiliki nilai berita dengan akurat dan menarik. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari berbagai bentuk jurnalisme baik itu dalam bentuk tulisan, visual, audio, atau audio visual.

Kamu juga akan belajar menyusun naskah, teknik mengambil dan memilih foto yang tepat untuk dijadikan bahan tulisan, hingga keahlian teknis seperti fotografi, editing, video, stenografi, dan desain website.

Baca juga: Indonesia Butuh 17 Juta Talenta Digital pada 2030, Ini yang Harus Dilakukan

6. Farmasi

Jurusan Farmasi adalah program studi yang berada di bawah payung ilmu medis. Pada dasarnya, farmasi merupakan gabungan antara ilmu kesehatan dan ilmu kimia. Selain ilmu mengenai kesehatan dan obat-obatan, kamu juga akan belajar tentang manajemen dan juga pemasaran untuk obat.

Di jurusan ini mahasiswa akan belajar mencampur, meracik, mengombinasi, menganalisis, atau menciptakan obat yang memenuhi standar kualitas dan kelayakan. Tak hanya meracik, kamu juga harus mengetahui bagaimana penggunaan obat-obatan tersebut secara aman.

Selain itu, dibutuhkan skill analisis yang baik agar kamu dapat mendeteksi bahan-bahan yang kira-kira dapat menjadi obat manusia dengan efek samping seminimal mungkin.

7. Sastra

Ini dia jurusan kuliah yang paling banyak dipilih oleh anak introvert. Tak heran, sebab jurusan ini erat kaitannya dengan hal-hal yang berbau dengan kepenulisan. Jurusan di bidang sastra sendiri cukup beragam, mulai dari Sastra Indonesia, Sastra Jerman, Sastra Inggris, dan berbagai sastra asing lainnya hingga sastra daerah.

Lulusan dari jurusan Sastra bisa terjun menjadi penulis. Nggak hanya menjadi penulis buku atau penulis puisi, kalian juga bisa bekerja menjadi Content Writer atau Copywriter.

8. Psikologi

Jurusan Psikologi adalah disiplin ilmu yang mempelajari mental, pikiran, dan perilaku manusia. Program studi ini juga meneliti alur pemikiran dan alasan dibalik perilaku dan tindakan manusia. Ilmu Psikologi sendiri terbagi menjadi beberapa cabang, yaitu Psikologi Klinis, Psikologi Perkembangan, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Pendidikan, dan Psikologi Sosial.

Psikologi merupakan ilmu yang cukup luas dan menyangkut ilmu sains, sosial, dan juga humaniora. Oleh karena itu, di Indonesia sendiri ada kampus yang memasukkan Psikologi pada rumpun jurusan Soshum dan ada juga yang mengelompokkannya dalam rumpun Saintek.

9. Desain Grafis

Apakah kamu pribadi introvert yang suka menggambar? Sering menghabiskan waktu berjam-jam untuk menghasilkan suatu karya? Kalian bisa mengasah dan mengembangkan bakat ini dengan masuk ke jurusan Desain Grafis. Di jurusan ini, akan belajar mengenai teknik, penguasaan suatu program tertentu dan hal-hal lain terkait grafis.

Seorang Desainer Grafis biasanya lebih banyak menghabiskan waktu sendiri untuk mengeksplor ide-ide baru untuk pekerjaannya. Walaupun kamu tetap perlu berinteraksi dengan klien atau teman kerja saat menyelesaikan suatu projek, kebanyakan waktu bekerjamu akan dihabiskan sendiri.

10. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan cabang dari ilmu desain. Melalui jurusan ini, kalian akan mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen visual ataupun rupa, untuk menyampaikan pesan tujuan tertentu. Lantaran pesan yang disampaikan melalui gambar visual, maka penyampai pesan pun harus mengolahnya secara efektif, informatif, dan komunikatif.

Jika kamu masuk ke jurusan Desain Komunikasi Visual, pelajaran yang akan didapatkan tidak jauh dari elemen-elemen visual. Para mahasiswa akan diajak mengembangkan bentuk bahasa visual dengan gambar-gambar dan mengolah pesan, termasuk bermain kata-kata.

11. Ilmu Perpustakaan

Suka membaca? Kamu bisa memilih bidang yang dekat dengan buku yaitu Ilmu Perpustakaan. Jurusan ini melibatkan banyak keahlian di bidang informasi teknologi, manajemen, dan pendidikan untuk mengumpulkan, merapikan, dan menyimpan data. Jika kamu memiliki kesenangan pada bidang penyimpanan data dan ingin berkarier di bidang kepustakaan dan pengarsipan, maka jurusan ini cocok banget untuk kamu.

12. Sistem Informasi

Jurusan Sistem Informasi bisa dibilang bersaudara dengan jurusan Ilmu Komputer dan Teknologi Informatika. Namun, tetap ada bedanya ya. Lulusan jurusan Sistem Informasi diharapkan dapat menerapkan ilmunya untuk kebutuhan perusahaan atau organisasi. Dari tujuan inilah, materi kuliah yang diajarkan disesuaikan dengan mengombinasikan kemampuan manajemen, bisnis, dan teknologi informasi. Hasilnya, ilmu tersebut digunakan untuk menjawab kebutuhan pemrograman aplikasi perusahaan, administrasi bisnis, hingga sistem informasi akuntansi dan keuangan.

13. Filsafat

“Mempertanyakan segala sesuatu”, kurang lebih begitu persepsi orang-orang tentang jurusan Filsafat. Betul. Nantinya ketika kalian meneruskan untuk belajar di jurusan ini, mahasiswa akan terus didorong untuk berpikir kritis mengenai berbagai hal. Dengan begitu, kamu akan terbiasa dalam menganalisis suatu masalah yang dihadapi dengan mempertimbangan nilai objektivitas.

14. Sains/Ilmu Pengetahuan Alam

Kuliah di jurusan Ilmu Pengetahuan Alam akan mengharuskan kamu untuk lebih banyak menghabiskan waktu dengan meneliti, membuat laporan penelitian dan lainnya. Penelitian dan eksperimen yang kamu lakukan nantinya harus kamu tulis dalam bentuk jurnal. Inilah yang menjadi kegiatan utama dari jurusan sains.

Jurusan kuliah yang berkaitan dengan sains cukup banyak, seperti Jurusan Teknik Fisika, Kimia, Biologi, dan sebagainya. Jurusan ini cocok untuk orang introvert karena kamu akan banyak menghabiskan waktu untuk menemukan hal baru dan menelitinya demi pengembangan kemajuan ilmu pengetahuan.

15. Ilmu Ekonomi

Di jurusan Ilmu Ekonomi kamu akan belajar tentang bagaimana kita mengelola sumber daya yang ada, seperti sumber daya alam, manusia, dan lingkungan, yang jumlahnya terbatas agar dapat memenuhi kesejahteraan manusia. Melalui pertimbangan tertentu, manusia didorong untuk membuat pilihan dalam memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas dengan jumlah sumber daya yang terbatas.

Dengan belajar Ilmu Ekonomi secara lebih dalam, kamu dapat menimbang prioritas kebutuhan dan urgensinya dengan harapan dapat lebih bijak menentukan, yang mana hanya kemauan, yang mana kebutuhan. Maka jurusan ini cocok untuk kalian yang introvert dan suka menganalisis.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3741 seconds (0.1#10.140)