UT Gandeng Pemda untuk Tingkatkan APK Pendidikan Tinggi

Kamis, 25 Agustus 2022 - 10:18 WIB
loading...
UT Gandeng Pemda untuk Tingkatkan APK Pendidikan Tinggi
Rektor Universitas Terbuka Prof Ojat Darojat. Foto/YouTube Universitas Terbuka TV.
A A A
JAKARTA - Universitas Terbuka (UT) menandatangani Nota Kesepahaman dengan empat Pemerintah Daerah (Pemda) yaitu Pemprov Bali, Pemprov Kaltim, Pemkot Tangerang Selatan, dan Pemkot Tebing Tinggi. Kerja sama ini diharapkan akan semakin meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan Tinggi.

Rektor UT Prof. Ojat Darojat menyampaikan, untuk memberikan akses pendidikan tinggi kepada masyarakat di daerah-daerah, UT bekerja sama dengan Pemerintah Daerah. Kerja sama ini juga dalam rangka untuk meningkatkan APK Pendidikan Tinggi.

Baca juga: Bikin Bangga, ITS Borong Juara di Kompetisi Robot Dunia

“Melalui jalinan kerja sama yang terbina, UT dapat lebih optimal berpartisipasi meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan berdaya saing menuju Generasi Indonesia Emas,” harap Ojat, dikutip dari laman UT, Kamis (25/8/2022).

Pada kesempatan ini Rektor mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Provinsi Bali, Gubernur Kalimantan Timur, Walikota Tangerang Selatan dan Walikota Tebing Tinggi Sumatera Utara. Atas dukungan keempat pemda ini, UT mampu memberikan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat dan dalam rangka merealisasikan Pasal 31 UUD 1945 terkait dengan hak untuk mendapatkan pendidikan tinggi.

Gubernur Provinsi Bali Wayan Koster mendukung peran UT guna meningkatkan APK Perguruan Tinggi yang sekarang mencapai 34% dan target minimum sebaiknya adalah 40%. Dia juga berharap UT dapat semakin dicintai dan mendapat respons yang positif dari masyarakat Indonesia.

Jumlah mahasiswa UT saat ini sebanyak 350.000 dan ditambah dari jumlah lulusan wisudawan yang mencapai pada hari ini 1.680 membuktikan bahwa UT semakin dikenal oleh masyarakat.

“Saya harap lulusan UT dapat bersaing dan mengikuti perkembangan global. UT memainkan peranan penting dalam arus global di masa yang akan datang,” ujar Wayan.

Baca juga: UGM Wisuda 2.552 Mahasiswa, Ada yang Lulus S1 di Usia 19 Tahun

Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie menyampaikan, pengembangan SDM melalui pendidikan tinggi memegang peranan penting bagi kemajuan Kota Tangerang Selatan di masa yang akan datang. Dengan memiliki SDM unggul, kemajuan dalam segala bidang tentu dapat dengan mudah diraih.

Dia pun berharap kerja sama yang terjalin antara Kota Tangerang Selatan dengan UT dapat membawa dampak yang besar bagi masing-masing institusi.

PJ Walikota Tebing Tinggi Sumatera Utara Muhammad Dimiyathi menuturkan, Kota Tebing Tingi menjadi kota penyangga ekonomi khusus karena memiliki destinasi wisata yaitu Danau Toba dan pelabuhan internasional Kuala Tanjung.

Oleh karena itu, Kota Tebing Tinggi harus menyediakan SDM yang berkualitas sesuai dengan visi misi Kota Tebing Tinggi yaitu “Kota Jasa Perdagangan dengan SDM yang Beriman.” Dengan kerja sama yang terjalin dengan UT, Tebing Tinggi akan menghadirkan perguruan tinggi di Kota Tebing Tinggi dan sekitarnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0889 seconds (0.1#10.140)