Profil UniRank, Website yang Menyajikan Peringkat Kampus-kampus Terbaik di Dunia

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 00:22 WIB
loading...
Profil UniRank, Website yang Menyajikan Peringkat Kampus-kampus Terbaik di Dunia
Harvard University Amerika Serikat. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - UniRank merupakan sebuah situs yang menyediakan informasi seputar pemeringkatan kampus-kampus di dunia. Website ini sejenis dengan beberapa situs lainnya termasuk QS Top Universities hingga Webometrics.

Dikutip dari laman resminya, uniRank merupakan direktori pendidikan tinggi internasional serta situs yang menampilkan pemeringkatan lebih dari 14.000 Universitas di dunia. Selain itu, unirank juga telah diakui secara resmi di 200 negara.

Baca juga: Inilah 15 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2022

Peringkat Perguruan Tinggi uniRank ditujukan untuk memberikan perkiraan peringkat global Universitas. Lebih lanjut, uniRank menyediakan Tabel peringkat non-akademik dari banyak Universitas top di dunia berdasarkan metrik web yang valid dan tidak bias.

Tujuan tersebut diharapkan dapat membantu mahasiswa internasional dan staf akademik untuk memahami seberapa populer institusi pendidikan tinggi tertentu di negara-negara lain. Data dan informasi ditambahkan atau diperbarui setiap bulan.

Baca juga: Inilah 15 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Versi UniRank 2022

Pada penerbitannya, pemeringkatan Universitas di uniRank diperbarui dan diterbitkan sebanyak dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Januari dan Juli. Dalam melakukan pemeringkatan, uniRank menetapkan beberapa syarat sebagai berikut:

- Perguruan Tinggi yang secara resmi diakui atau terakreditasi oleh badan nasional pemerintah negara terkait.

- Perguruan Tinggi berlisensi yang berwenang memberikan gelar Sarjana dan Pascasarjana.

- Perguruan Tinggi menyediakan kursus pendidikan tinggi, terutama dalam format pembelajaran tatap muka (luring).

Selain itu, uniRank juga menetapkan beberapa ketentuan yang tidak disertakan dalam pemeringkatannya. Berikut beberapa di antaranya:

- Lembaga pendidikan yang memberikan gelar dua tahun seperti Community College, Sekolah Kejuruan, perguruan tinggi pelatihan, dan sebagainya.

- Lembaga pendidikan khusus seperti lembaga pendidikan tinggi militer, teologi, dan sebagainya.

- Perguruan tinggi yang tidak memenuhi persyaratan di atas.

Dalam metodologi yang digunakan, uniRank berdasar pada empat kriteria, yaitu Moz Domain Authority, SimilarWeb Global Rank, Majestic Referring Domains, dan Majestic Trust Flow.

Prosesnya diawali dengan pengumpulan data metrik web untuk meminimalisir fluktuasi temporal. Setelahnya, dilanjutkan dengan peninjauan data SimilarWeb terhadap perguruan tinggi terkait.

Kemudian, setelah outlier terdeteksi dan data domain sudah sesuai, data metrik dinormalisasikan ke skala 0-100 dengan mempertimbangkan beberapa ketentuan. Selanjutnya, nilai yang dinormalisasi akan dikumpulkan berdasarkan algoritma rata-rata dan menghasilkan skor akhir.

Demikian ulasan mengenai profil uniRank, sebuah website yang menyediakan pemeringkatan kampus-kampus terbaik di dunia.
(mpw)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1743 seconds (11.210#12.26)