10 Universitas Terbaik di Asia 2022 Versi Webometrics, China Mendominasi

Sabtu, 27 Agustus 2022 - 16:41 WIB
loading...
10 Universitas Terbaik di Asia 2022 Versi Webometrics, China Mendominasi
Universitas Tsinghua, China. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sepuluh Universitas terbaik di Asia 2022 versi Webometrics akan dibahas dalam artikel ini. Untuk diketahui, Webometrics sendiri merupakan sebuah situs pemeringkatan perguruan tinggi sedunia.

Setiap tahunnya, pemeringkatan universitas dipublikasikan sebanyak dua kali. Biasanya hasilnya akan diumumkan pada akhir Januari atau Juli.



Berikut sepuluh Universitas terbaik di Asia 2022 versi Webometrics edisi Juli.

1. Universitas Tsinghua

Tsinghua University berada di posisi teratas Perguruan Tinggi terbaik di Asia 2022 versi Webometrics. Dikutip dari situs resminya, kampus universitas ini terletak di barat laut Beijing. Tepatnya di situs bekas taman kekaisaran Dinasti Qing yang sekelilingnya terdapat sejumlah tempat bersejarah.

Universitas Tsinghua didirikan pada tahun 1911. Kala itu namanya adalah Tsing Hua Imperial College. Sedangkan nama Tsinghua University sendiri baru diadopsi pada tahun 1928.



Pada perkembangannya, perguruan tinggi di China ini terus berkembang hingga menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

2. Universitas Peking

Masih di China, kali ini ada Universitas Peking. Dikutip dari situs resminya, Peking University merupakan perguruan tinggi komprehensif nasional pertama di China.

Dalam riwayatnya, Universitas Peking didirikan pada 1898 dengan nama Imperial University of Peking. Setelahnya pada 1949, namanya berubah menjadi Peking University.

Pada pemeringkatan Webometrics edisi Juli 2022, Universitas Peking berada di peringkat kedua dalam jajaran Universitas terbaik di Asia. Adapun untuk posisi dunianya sendiri, perguruan tinggi ini bertengger di peringkat 38.

3. National University of Singapore

National University of Singapore awalnya berdiri sebagai sekolah kedokteran sederhana dengan 23 siswa pada 1905. Adapun pendiriannya sendiri dilakukan sekelompok pengusaha yang dipimpin Tan Jiak Kim. Tujuannya untuk melayani kebutuhan masyarakat sekitar.

Seiring berjalannya waktu, National University of Singapore terus berkembang pesat dan menjadi perguruan tinggi andalan Singapura.

Pada pemeringkatan Webometrics kategori Universitas Terbaik di Asia edisi Juli 2022, National University of Singapore berada di peringkat ketiga.

4. Universitas Tokyo

Universitas Tokyo didirikan pada 1877 dan dikenal sebagai perguruan tinggi nasional pertama di Jepang. Dalam tujuan pendiriannya sendiri, Universitas Tokyo ingin memberi para mahasiswanya sebuah lingkungan akademik yang beragam dan memastikan peluang pengembangan intelektual serta pengetahuan dan keterampilan profesional.

Pada pemeringkatan Perguruan Tinggi terbaik di Asia 2022 versi Webometrics, Universitas Tokyo berada di posisi keempat. Sedangkan pada peringkat dunianya, perguruan tinggi Jepang ini berada di posisi 64.

5. Universitas Shanghai Jiao Tong

Berikutnya ada Universitas Shanghai Jiao Tong. Perguruan Tinggi ini didirikan di Shanghai, China pada tahun 1896. SJTU sendiri memiliki 5 kampus dengan luas lebih dari 300 hektar.

Per Desember 2020, Universitas Shanghai Jiao Tong memiliki 33 departemen, 12 rumah sakit yang berafiliasi, 2 lembaga penelitian medis yang berafiliasi, hingga 5 perusahaan yang berafiliasi langsung.

Universitas Shanghai Jiao Tong menempati peringkat kelima dalam daftar Universitas Terbaik di Asia versi Webometrics tahun 2022. Hal ini menjadikannya perguruan tinggi China ketiga yang masuk dalam kategori tersebut.

6. Universitas Zhejiang

Pendirian Universitas Zhejiang berawal dari terbentuknya Akademi Qiushi pada 1897. Tahun 1928, Akademi tersebut diperbesar dan berganti nama menjadi Universitas Nasional Chekiang.

‘Seeking Truth’ merupakan motto Universitas yang menginspirasi para mahasiswanya. Dalam daftar perguruan tinggi terbaik di Asia versi Webometrics, Universitas Zhejiang berada di posisi keenam tepat dibawah SJTU.

7. Universitas Hong Kong

Universitas Hong Kong atau HKU merupakan institusi pendidikan tertua di Hong Kong. Peletakan batu pertama pondasi perguruan tinggi ini dilakukan pada 16 Maret 1910 oleh Gubernur Hong Kong kala itu, Sir Frederick Lugard.

Pada 11 Maret 1912, Universitas Hong Kong resmi dibuka dengan beberapa fakultas yang tersedia seperti Fakultas Teknik, Seni, hingga Kedokteran.

Dalam pemeringkatan Webometrics tentang Perguruan Tinggi terbaik di Asia 2022, Universitas Hong Kong berada di peringkat ketujuh. Satu tingkat di atas Chinese University of Hong Kong.

8. Chinese University of Hong Kong

Chinese University of Hong Kong berdiri pada tahun 1963. Tujuan pendiriannya adalah tanggapan atas permintaan masyarakat perihal pendidikan tinggi untuk menciptakan sumber manusia yang unggul.

Chinese University of Hong Kong menempati posisi ke delapan dalam daftar Universitas Terbaik di Asia tahun 2022 versi Webometrics. Sedangkan peringkat dunianya sendiri adalah 81.

9. Universitas Nanyang Technological

Universitas Nanyang Technological Singapura memiliki sekitar 33.000 mahasiswa sarjana dan pascasarjana di bidang teknik, sains, bisnis, seni, humaniora, pendidikan, ilmu sosial, dan kedokteran.

Kampus utamanya berada di bagian barat Singapura, sedangkan kampus medisnya berlokasi di Novena, distrik kesehatan Singapura.

Pada pemeringkatan Webometrics tentang Perguruan Tinggi terbaik di Asia 2022, Universitas Nanyang Technological menempati posisi kesembilan. Sedangkan peringkat dunianya adalah 88.

10. Universitas Kyoto

Universitas Kyoto didirikan oleh peraturan kekaisaran pada 18 Juni 1897. Perguruan Tinggi ini merupakan yang kedua di Jepang. Pada periode 10 tahun pertama, beberapa kampus seperti Hukum, Sastra, Kedokteran, hingga Sains dan Teknik resmi dibuka.

Setelahnya mulai muncul juga beberapa kampus lain yang menjadi bagian dari Universitas Kyoto. Perguruan Tinggi di Jepang ini masuk dalam daftar 10 besar universitas terbaik di Asia versi Webometrics 2022.

Demikian ulasan mengenai Universitas terbaik di Asia 2022 versi Webometrics. Semoga bermanfaat.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3779 seconds (0.1#10.140)