Viral Video Santri Cilik Saat Prosesi Wisuda Tak Didampingi Ibu, Jawabannya Bikin Terharu

Rabu, 31 Agustus 2022 - 08:44 WIB
loading...
Viral Video Santri Cilik Saat Prosesi Wisuda Tak Didampingi Ibu, Jawabannya Bikin Terharu
Santri cilik, Muhammad Sulton Mahroby tengah diberi kesempatan maju naik ke atas panggung untuk menjalani prosesi wisuda sebagai santri. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Tengah viral video di salah satu media sosial yang memperlihatkan prosesi wisuda seorang santri cilik yang tidak didampingi ibunya. Ternyata, alasan di baliknya yang bikin haru.

Video ini diunggah oleh akun TikTok @safarvia19 dan sudah ditonton 1,5 juta tayangan.

Baca juga: Viral Penampakan Rapor Siswa SD di Jepang, Ternyata Tak Ada Penilaian Angka

Dalam video tersebut diketahui sang santri cilik bernama Muhammad Sulton Mahroby dan sedang diberi kesempatan untuk maju naik ke atas panggung untuk menjalani prosesi wisuda sebagai santri.

Pada awalnya ia dites membaca kitab kuning dan berhasil membacanya dengan lancar oleh sang pembawa acara.

Santri cilik yang akrab dipanggil Roby ini pun menjadi pusat perhatian, terutama saat sang pembawa acara menanyakan keberadaan ibunya.

Baca juga: Inilah 15 Sekolah Terbaik di Surabaya Versi LTMPT 2022

“Ibunya datang (wisuda)?” tanya sang pembawa acara kepada Roby.

“Ibu tidak datang, sudah meninggal,” jawab Roby.

Dalam wisuda tersebut sang ayah juga tidak hadir untuk mendampingi Roby. Kemudian pembawa acara berusaha menghubungi sang ayah melalui sambungan telepon.

"Roby, sehat ya nak. Terima kasih ustaz, alhamdulillah. Roby, ayah minta maaf ya nak jika ayah malam ini tidak bisa hadir di acara wisudanya Roby karena ada kesibukan di luar kota. Roby baik-baik ya, nak" kata sang ayah melalui telepon.

Berdasarkan penelusuran MPI Media, video ini adalah unggahan di tahun 2019 dan merupakan prosesi wisuda dari Santri Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur.

Perjuangan Roby terus menjadi perhatian karena selama ini ia hanya didampingi oleh ayahnya M. Yusuf Danial, yang merupakan seorang anggota Dewan Kabupaten Pasuruan.

Hingga saat ini, video cucu Bupati Pasuruan periode 2003-2008, Jusbakir Aljufri ini masih terus menjadi perbincangan publik meski sudah diunggah cukup lama.

Beragam komentar kemudian datang dari warganet. Banyak di antara mereka yang turut mendoakan dan juga mengapresiasi semangat mengaji Roby meski sudah dtinggal sang ibu.

"Masyaa Allah anak pintar anak sholeh,terharu campur sedih kasihan dan tak terasa sabar y ganteng,,,," tulis akun Warty Tiny.

"ya Allah beruntung almarhumah ibunda punya anak Soleh, barakallah ya nak sing sabar nak sehat bahagia sll" tulis akun tryuniasih83

"terharu,, air mata q sampai netes,, moga si roby selalu sabar dn selalu jd ank yg shaleh," tulis akun Amelia.
(mpw)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2891 seconds (10.55#12.26)