Jurusan Industrial Robotic Design, Cocok untuk Milenial dengan Prospek Karier Cemerlang

Rabu, 31 Agustus 2022 - 13:19 WIB
loading...
Jurusan Industrial Robotic Design, Cocok untuk Milenial dengan Prospek Karier Cemerlang
Jurusan Industrial Robotic Design memiiki prospek karier cemerlang. Foto/Adobe Stock.
A A A
JAKARTA - Jurusan Industrial Robotic Design lumayan banyak menarik perhatian para mahasiswa baru . Namun dibalik pesonanya itu, jurusan ini pun sekilas membuat bingung karena namanya tersebut.

Ada yang beranggapan jurusan ini adalah jurusan desain yang berkaitan dengan gambar menggambar dan ada pula yang menganggap jurusan ini adalah jurusan yang membuat robot elektronik. Namun jurusan Industrial Robotic Design atau Desain Robotika Industri adalah jurusan yang mempelajari bagaimana membangun keberlanjutan industri dengan sistem produksi yang berbasis robot.

Dikutip dari laman Ruangguru, mahasiswa akan mempelajari konsep dasar robotika, perancangan robot, hingga ke level aplikasi di dunia kerja industri. Hingga saat ini, permintaan Industrial Automation Engineer yang kuat pada konsep dan aplikasi masih sangat besar karena hampir semua bidang industri membutuhkan profesi ini dengan kualifikasi yang baik. Dengan kata lain, prospek kariernya cemerlang.

Baca juga: IPB Lahirkan Varietas Bawang Merah Unggul, Ini Keunggulannya

Sistem Belajar di Jurusan Industrial Robotic Design

Program Industrial Robotic Design didesain berdasarkan Kerangka Kurikulum yang terkualifikasi Nasional dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Dengan standar pendidikannya yang baik itu lulusan Industrial Robotic Design akan mempunyai kualifikasi yang sama dengan lulusan luar negeri terutama ASEAN.

Kurikulum ini juga dirancang agar mahasiswa bisa belajar lebih fokus (rata-rata 5 mata kuliah per semester), lebih mudah (teori dan kerja laboratorium terintegrasi), dan juga lebih menyenangkan (topik up to date dengan kebutuhan industri).

Selain itu, kurikulum juga dilengkapi dengan program sertifikasi yang akan sangat bermanfaat bagi alumni dalam bersaing di industri sebab diperkuat juga dengan kemampuan penulisan dan presentasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Beberapa kemampuan tersebut diharapkan berguna untuk membekali alumni dengan skill wirausaha yang cukup kuat. Yang nggak kalah penting kurikulum juga dilengkapi dengan kompetensi entrepreneurship praktis yang bisa menjadi bekal setelah lulus dari jurusan ini.

Baca juga: 10 Sekolah Terbaik di Sumut Versi LTMPT 2022, No 1 SMA Binaan Menko Luhut

Prospek Kerja Jurusan Industrial Robotic Design
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1085 seconds (0.1#10.140)