Ini Jumlah Sekolah Milik Muhammadiyah di Seluruh Indonesia, Mulai dari TK sampai Universitas

Rabu, 31 Agustus 2022 - 15:08 WIB
loading...
Ini Jumlah Sekolah Milik Muhammadiyah di Seluruh Indonesia, Mulai dari TK sampai Universitas
Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi Islam di Indonesia ciptakan banyak sekolah. Foto DOK UMM
A A A
JAKARTA - Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi Islam di Indonesia turut berperan dalam membangun pendidikan dengan menciptakan beberapa sekolah .

Dalam perkembangannya Muhammadiyah memang dikenal sebagai organisasi yang memiliki banyak fasilitas. Mulai dari badan yang khusus mengurus kegiatan keagamaan seperti madrasah, masjid atau badan amal hingga di bidang pendidikan.

Baca juga : Sekolah Muhammadiyah Miliki Potensi Jadi Model Sekolah Toleransi

Dilansir dari dikdasmenppmuhammadiyah.org, munculnya sekolah Muhammadiyah terhitung sejak K.H. Ahmad Dahlan pertama kali mendirikan “Sekolah Agama Modern” bernama Madrasah Ibtidaiyah Diniyah Islamiyah (MIDI), 1 Desember 1911.

Saat ini usia pendidikan Muhammadiyah telah lebih dari satu abad. Dalam satu abad itu organisasi ini telah membangun ribuan sekolah dan universitas di Indonesia.

Sekolah yang dibangun oleh Muhammadiyah ini menekankan pada pendidikan agama sehingga kurikulum yang mereka usung berbeda dari sekolah negeri kebanyakan.

Jumlah sekolah yang telah dibangun hingga saat ini telah mencapai ribuan. Mulai dari sekolah TK (Taman Kanak-kanak) dan TPQ (Taman Pendidikan Al Quran) yang jumlahnya mencapai 4623.

Kemudian terdapat SD, SMP, SMA dan SMK yang jumlah totalnya mencapai 3.334 sekolah yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Berikut adalah rinciannya :

- Sekolah Dasar (SD) 1094
- Sekolah Menengah Pertama (SMP) 1128
- Sekolah Menengah Atas (SMA) 558
- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 554

Dari data tersebut wilayah paling banyak dibangun sekolah oleh Muhammadiyah adalah Provinsi Jawa Tengah dengan 719 sekolah.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1673 seconds (10.55#12.26)