10 Universitas dari Luar Pulau Jawa Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2022

Kamis, 01 September 2022 - 12:03 WIB
loading...
10 Universitas dari Luar Pulau Jawa Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2022
Universitas Syiah Kuala (USK) adalah perguruan tinggi negeri tertua yang berada di Aceh dan telah terakreditasi A. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia Webometrics Ranking of World Universities merilis daftar perguruan tinggi terbaik dunia termasuk Indonesia periode Juli 2022. Universitas terbaik di Indonesia masih didominasi dari Pulau Jawa.

Dalam pengumuman edisi Juli 2022, Universitas Indonesia (UI) menempati ranking pertama di Indonesia. UI menempati peringkat 603 dunia. Peringkat kedua ditempati oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) di peringkat 696 dunia. Universita Brawijaya menempati ranking ketiga, dengan peringkat dunia di urutan 914.



Daftar universitas terbaik di luar Pulau Jawa mungkin dapat dijadikan acuan bagi siswa yang berminat melanjutkan pendidikan di sana. Pemeringkatan ini diterbitkan oleh lembaga pemeringkatan dunia Webometrics secara berkala setiap tahunnya.

Webometrics Ranking of World Universities diinisiasi Cybermetrics Lab, sebuah kelompok riset yang menjadi bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Cientificas (CSIC), badan riset publik terbesar di Spanyol.

Sistem pemeringkatan yang digunakan badan penelitian publik terbesar di Spanyol, CSIC ini memakai tiga kategori.



Indikator penilaian tersebut yakni visibility atau web contents impact (dengan bobot 50%) merupakan jumlah jaringan eksternal (subnets) yang terhubung ke halaman web institusi (dinormalisasi dan kemudian dipilih nilai maksimum).

Kemudian transparency atau openness (dengan bobot 10%) merupakan jumlah kutipan dari 210 penulis teratas yang bersumber dari Google Scholar Profiles.

Dan excellence atau scholar (dengan bobot 40%) merupakan jumlah artikel publikasi ilmiah di antara 10% teratas yang paling banyak dikutip dari 27 disiplin ilmu dengan sumber dari Scimago.

Dikutip dari laman resmi Webometrics, berikut 10 profil universitas terbaik di luar Pulau Jawa versi Webometrics edisi Juli 2022:

1. Universitas Syiah Kuala - Peringkat 1228

Universitas Syiah Kuala (USK) adalah perguruan tinggi negeri tertua yang berada di Aceh dan telah terakreditasi A. Berdiri sejak tanggal 2 September 1961 hingga kini Universitas Syiah Kuala telah memiliki 7 program studi dengan 12 Fakultas dan Program Pascasarjana (S2).

Tidak banyak orang yang tahu ternyata sejak berdirinya kampus ini di Aceh, Universitas ini dijuluki dengan sebutan “Jantong Hatee Rakyat Aceh”. Selain itu, dari publikasi Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi di Indonesia yaitu Webomertrics 2022, Universitas Syiah Kuala masuk ke dalam peringkat ke-8.

2. Universitas Andalas - Peringkat 1830

Universitas Andalas adalah perguruan tinggi negeri pertama kali yang dibangun di Pulau Sumatera dan Universitas ini sebagai salah satu Universitas kebanggaan yang dimiliki oleh masyarakat Sumatera Barat karena pasalnya pada masa penjajahan golongan intelektual dan cendekiawan yang peduli dengan anak bangsa.

Asal muasal Universitas Andalas diambil dari nama Pulau Sumatera pada tahun 1956 yang terkenal dengan nama Pulau Andalas. Universitas terbaik yang ada di Indonesia ini telah memiliki 15 Fakultas (Pertanian, Hukum, Kedokteran, Matematika & Ilmu Pengetahuan, Ekonomi, Peternakan, Ilmu Budaya, Ilmu Sosial & Politik, Teknik, Farmasi, Teknologi Pertanian, Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, Teknologi Informasi dan Kedokteran Gigi) dan Program Pascasarjana (S2).

Berdasarkan data dari Webomertrics 2022, Universitas Andalas masuk ke dalam top ranking 12 dan Universitas Andalas selain masuk ke dalam top ranking nasional, Universitas ini juga masuk ke dalam skala Internasional.

3. Universitas Lampung - Peringkkat 1850

Universitas lampung (Unila) merupakan perguruan tinggi negeri terbaik pertama dan tertua yang ada di Provinsi Lampung. Universitas Lampung awalnya didirikan oleh P3SL (Panitia Pendirian Dan Perluasan Sekolah Lanjutan) dan P3YPTL (Panitia Persiapan Pembentukan Yayasan Perguruan Tinggi Lampung), yang kemudian pada 19 Januari 1960 P3SL mengadakan musyawarah dengan tokoh-tokoh masyarakat Lampung untuk mempersiapkan berdirinya suatu perguruan tinggi.

Berdirinya perguraan tinggi negeri yaitu Universitas Lampung merupakan kebanggaan bagi masyarakat di Lampung karena masyarakat Lampung sejak dulu sangat menginginkan sebuah Universitas Negeri. Hal ini terbukti dengan diterbitkannya surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor 195 Tahun 1965 yang menyatakan bahwa Universitas Lampung telah berdiri sejak 23 September 1965.

Dari 1959 hingga saat ini Universitas ini telah banyak sekali menoreh prestasi baik dalam skala internasional maupun nasional. Salah satunya adalah Universitas Lampung di tahun 2021 masuk ke dalam 15 besar perguruan tinggi berkelanjutan di Indonesia versi UI Greenmetrics World University Ranking Awards.

Bahkan dari data Webometrics 2022 Universitas Lampung masuk ke dalam ranking 13. Jika anda ingin memilih Universitas ini sebagai salah satu pilihan anda ketika masuk kuliah, Unila ini memiliki Fakultas dan Program Studi sebanyak 118.

4. Universitas Sriwijaya - Peringkat 2028

Universitas Sriwijaya (UNSRI) merupakan universitas perguruan tinggi asal Kota Palembang, Sumatera Selatan. Kampus Univeristas Sriwijaya ini memiliki 2 gedung kampus yang bertempat di Bukit Besar, Palembang serta Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir.

Tidak hanya itu saja, Universitas Sriwijaya juga telah memperoleh akreditasi A dari BAN-PT dan saat ini UNSRI telah memiliki 10 Fakultas. Di tahun 2022 nama Universitas Sriwijaya masuk ke dalam top ranking ke 15 Webometrics.

5. Universitas Hasanudin Makasar - Peringkat 2080

Universitas Hasanudin Makasar merupakan perguruan tinggi negeri yang ada di Kota Makasar, Provinsi Sulawesi Selatan, yang secara resmi berdiri sejak tahun 1956. Awal berdirinya Universitas Hasanudin Makasar berada di Baraya, namun di tahun 1980an Universitas ini dipindahkan di Tamalenrea.

Hingga saat ini Universitas Hasanudin Makasar telah memiliki 16 fakultas yang terbagi menjadi empat disiplin ilmu, yaitu sains dan teknologi, sosial dan humaniora, ilmu kesehatan, dan ilmu pertanian dan sudah tidak diragukan lagi universitas ini telah terakreditasi A dari BAN-PT.

6. Universitas Sam Ratulangi - Peringkat 2878

Universitas Sam Ratulangi sering disingkat dengan sebutan UNSRAT adalah salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia yang berlokasi di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara.

Sejarah panjang Universitas Sam Ratulangi dimulai pada 1 Oktober 1954 dengan didirikannya Universitas Pinaesaan. Setelah beberapa kali berubah status dan nama, akhirnya pada tanggal 14 September 1965, berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 277, berdirilah Universitas Sam Ratulangi.

Universitas Sam Ratulangi dipimpin oleh seorang Rektor Universitas Sam Ratulangi yang sekarang adalah Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc., DEA.

7. Universitas Sumatera Utara - Peringkat 2887

Universitas Sumatera Utara (USU) adalah salah satu universitas negeri yang terletak di Medan, Sumatera Utara. USU awalnya berdiri dengan nama Yayasan Universitet Sumatra Utara pada 4 Juni 1952. Fakultas pertamanya adalah Fakultas Kedokteran yang didirikan pada 20 Agustus 1952.

Presiden Soekarno meresmikan USU sebagai Universitas Negeri ke-7 di Indonesia pada 20 November 1957. Pada tahun 2018, USU berganti status perguruan tinggi menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) dan menjadi universitas PTN-BH ke-7 di Indonesia.

8. Universitas Riau - Peringkat 2952

Universitas Riau, disingkat UNRI, adalah perguruan tinggi negeri di Pekanbaru, Indonesia, yang berdiri pada 1 Oktober 1962 dan memiliki kampus utama yang bertempat di Kampus Bina Widya KM 12,5 Simpang Baru, Pekanbaru.

Universitas Riau saat ini memiliki 10 Fakultas yakni Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Keperawatan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Pertanian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, serta Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Rektor pada tahun 2014 hingga saat ini adalah Prof. Dr. Ir. Aras Mulyadi, DEA.

9. Universitas Mulawarman - Peringkat 3294

Universitas Mulawarman, disingkat Unmul, adalah perguruan tinggi negeri di Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia. Universitas ini berdiri pada tanggal 27 September 1962, sehingga merupakan universitas tertua di Kalimantan Timur.

Universitas Mulawarman merupakan perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa terbesar di Kalimantan, dengan jumlah mahasiswa mencapai lebih dari 30.577 orang. Kampus utamanya terletak di Gunung Kelua, sedangkan kampus lainnya terdapat di Jalan Pahlawan, Jalan Banggeris dan Jalan Flores.

10. Universitas Udayana - Peringkat 3397

Universitas Udayana (disingkat sebagai UNUD) adalah universitas negeri yang berada di Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali, Indonesia. Universitas Udayana berdiri pada tanggal 29 September 1962.

Rektor Universitas Udayana pada tahun 2021- 2025 adalah Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng, IPU.

Cikal bakal Universitas Udayana adalah Fakultas Sastra cabang Universitas Airlangga yang diresmikan oleh P. J. M. Presiden Republik Indonesia Ir. Soekarno, dibuka oleh J. M. Menteri P.P dan K. Prof. DR. Priyono pada tanggal 29 September 1958 sebagaimana tertulis pada Prasasti di Fakultas Sastra, Jalan Nias, Denpasar.

Universitas Udayana secara sah berdiri pada tanggal 17 Agustus 1962 dan merupakan perguruan tinggi negeri tertua di daerah Provinsi Bali.

(MG/Nabillah Amanda Rahmawaty)
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3563 seconds (0.1#10.140)