10 Universitas di Indonesia yang Masuk 2.000 Besar Kampus Terbaik Dunia Versi Webometrics 2022

Jum'at, 02 September 2022 - 15:10 WIB
loading...
10 Universitas di Indonesia yang Masuk 2.000 Besar Kampus Terbaik Dunia Versi Webometrics 2022
Universitas Indonesia (UI). Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Di tahun 2022, Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi Dunia, Webometrics , mencatat sebanyak 2.000 lebih Universitas di Indonesia masuk ke dalam Universitas terbaik di dunia. Universitas mana saja yang bisa kamu catat untuk di jadikan referensi sebagai kampus pilihan Anda. Simak pembahasannya di bawah ini.



1. Universitas Indonesia (UI)

Univeritas Indonesia (UI) adalah salah satu perguruan tinggi Indonesia yang berlokasi di bagian Utara dari Depok, Jawa Barat. UI menjadi salah satu Universitas Terbaik di Indonesia yang masuk ke dalam 3 besar perguruan tinggi papan atas bersama dengan Univeritas Gadjah Mada dan Universitas Brawijaya.

Kampus yang di dirikan pada 2 Januari 1849 sebagai (Dokter-Djawa School Batavia) itu masuk ke dalam daftar universitas terbaik pada urutan ke 603 versi Wibometrics 2022 sebagai kampus terbaik di dunia dan menjadi kampus di urutan pertama di Indonesia.



2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Berada di urutan kedua setelah UI, Universitas Gadjah Mada di urutan ke 696 berhasil menjadi Universitas di Indonesia yang masuk daftar kampus terbaik di dunia versi Webometrics. Kampus yang terletak di wilayah Kapanewon, Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta ini terdiri atas beberapa jurusan dan pogram studi.

Kegiatan yang dilakukan Universitas Gadjah Mada dituangan ke dalam Tri Dharma Perguruan tinggi yang terdiri atas pendidikan dan pengajaran, serta penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

3. Universitas Brawijaya (UB)

Di urutan ke 3 universitas terbaik di dunia selanjutnya adalah Univeristas Brawijaya (UB). Kampus ini berdiri pada tahun 1963 di Kota Malang, Jawa Timur.

Fakta menariknya, nama Brawijaya sendiri adalah nama khusus yang di berikan oleh Presiden Seokarno agar menjadi harapan mampu gemilang. UB menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia yang berada di daftar 2000 kampus terbaik di dunia versi Webometrics.

4. Institute Pertanian Bogor (IPB)

Sebagai salah Universitas terbaik di Indonesia, Institute Pertanian Bogor atau IPB telah diresmikan pada 1963 oleh Presiden Seokarno. Sebelum diresmikan, IPB adalah sebuah fakultas pertanian di Universitas Indonesia.

Namun, IPB juga menjadi salah satu Universitas di Indonesia yang masuk ke dalam daftar Universitas terbaik di dunia versi Webomatrics di urutan ke 969.

5. Universitas Airlangga (Unair)

Berada di urutan ke 1019 versi Webometric, menjadikan Univeritas Airlangga (UNAIR) menjadi salah satu Universitas terbaik di Indonesia yang masuk ke dalam daftar 2000 Universitas terbaik dunia.

Perguruan tinggi ini terletak di Surabaya, Jawa Timur, yang didirikan pada 10 November 1954. Fakta menariknya, UNAIR berada di peringkat keempat sebagai perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia.

6. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta

UNS didirikan pada 11 Maret 1976 sebagai sebuah perguruan tinggi negeri di Indonesia yang berlokasi di Kentingan, Jebres, Kota Surakarta. Sebagai Universitas terbaik di Indonesia dengan moto “Bercita – Cita Luhur Membangun Negara”, UNS menyediakan berbagai program pendidikan dimulai dari jenjang vokasi, sarjana, magister hingga doctoral.

UNS merupakan salah satu Universitas terbaik di Indonesia yang berada di urutan 1059 Universitas terbaik di dunia versi Webometrics.

7. Institute Teknologi Sepuluh Novermber

Salah satu Universitas terbaik di Indonesia ini terletak di Surabaya dan didirikan pada 10 Novermber 1957. Saat ini, ITS berada pada urutan ke 1196 Universitas terbaik di dunia versi Webometrics.

Fakta menariknya tentang perguruan tinggi negeri ini, meskipun lahir tiga tahun lebih dulu sebelum 1960, namun secara resmi, kelahiran ITS di tetapkan di Hari Pahlawan 1960.

8. Universitas Syiah Kuala

Universitas ini berdiri pada 2 September 1961 yang berlokasi di Banda Aceh, Indonesia. Kampus ini berhasil masuk ke dalam daftar Universitas terbaik di Indonesia versi Webometrics yang masuk ke dalam daftar 2000 Universitas terbaik di dunia.

USK saat ini telah ditingkatkan statusnya menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum yang menjadi PTN terbaik di Pulau Sumatera.

9. Universitas Telkom

Berada di urutan 1436 Universitas terbaik dunia versi Webometrics, kampus Telkom terletak di Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Tel-U adalah salah satu Universitas terbaik di Indonesia yang beberapa kali menduduki peringat pertama Universitas Swasta terbaik.

Universitas Telkom berdiri pada 14 Agustus 2013 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Utama Jendral Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nomor 309/E/0/2013.

10. Institute Teknologi Bandung

Institute Teknologi Bandung atau ITB telah di resmikan pada 2 Maret 1959. ITB menjadi salah satu Universitas terbaik di Indonesia yang masuk ke dalam daftar Webometrics dengan urutan 1593 Universitas terbaik di dunia.

ITB telah memiliki 27 program studi yang terakreditasi secara internasional (sebelas dari ABET, sebelas dari ASIIN). Sesuai dengan nama institusinya, ITB terletak di Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Itulah daftar 10 Universitas terbaik di Indonesia yang masuk ke dalam 2000 Universitas terbaik dunia versi Webometrics. Semoga bisa menjadi catatan dan refrensi untuk Anda.

(MG/Khansa Novriandra)
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4291 seconds (0.1#10.140)