10 Universitas dari Luar Pulau Jawa Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2022

Kamis, 01 September 2022 - 12:03 WIB
loading...
10 Universitas dari Luar Pulau Jawa Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2022
Universitas Syiah Kuala (USK) adalah perguruan tinggi negeri tertua yang berada di Aceh dan telah terakreditasi A. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia Webometrics Ranking of World Universities merilis daftar perguruan tinggi terbaik dunia termasuk Indonesia periode Juli 2022. Universitas terbaik di Indonesia masih didominasi dari Pulau Jawa.

Dalam pengumuman edisi Juli 2022, Universitas Indonesia (UI) menempati ranking pertama di Indonesia. UI menempati peringkat 603 dunia. Peringkat kedua ditempati oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) di peringkat 696 dunia. Universita Brawijaya menempati ranking ketiga, dengan peringkat dunia di urutan 914.

Baca juga: Mahasiswa ITB Boyong 4 Medali di Ajang Tri Gantha Akusara Swimming Championship 2022

Daftar universitas terbaik di luar Pulau Jawa mungkin dapat dijadikan acuan bagi siswa yang berminat melanjutkan pendidikan di sana. Pemeringkatan ini diterbitkan oleh lembaga pemeringkatan dunia Webometrics secara berkala setiap tahunnya.

Webometrics Ranking of World Universities diinisiasi Cybermetrics Lab, sebuah kelompok riset yang menjadi bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Cientificas (CSIC), badan riset publik terbesar di Spanyol.

Sistem pemeringkatan yang digunakan badan penelitian publik terbesar di Spanyol, CSIC ini memakai tiga kategori.

Baca juga: Inilah 15 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2022

Indikator penilaian tersebut yakni visibility atau web contents impact (dengan bobot 50%) merupakan jumlah jaringan eksternal (subnets) yang terhubung ke halaman web institusi (dinormalisasi dan kemudian dipilih nilai maksimum).

Kemudian transparency atau openness (dengan bobot 10%) merupakan jumlah kutipan dari 210 penulis teratas yang bersumber dari Google Scholar Profiles.

Dan excellence atau scholar (dengan bobot 40%) merupakan jumlah artikel publikasi ilmiah di antara 10% teratas yang paling banyak dikutip dari 27 disiplin ilmu dengan sumber dari Scimago.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1641 seconds (11.210#12.26)