5 Rekomendasi Sekolah Kedinasan Terbaik di Sumatera, Lulus Dijamin Langsung PNS

Selasa, 06 September 2022 - 11:26 WIB
loading...
5 Rekomendasi Sekolah Kedinasan Terbaik di Sumatera, Lulus Dijamin Langsung PNS
Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan atau Poltekbang Medan, Sumatera Utara. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Di Indonesia, terdapat beberapa status perguruan tinggi yang bisa dijadikan tempat belajar di jenjang yang lebih tinggi. Ada perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi swasta, serta perguruan tinggi kedinasan.

Sekolah kedinasan di Sumatera bisa juga dijadikan referensi untuk tempat mengenyam pendidikan tingkat lanjut dengan berbagai keunggulan yang menanti baik selama menjalani proses pembelajaran, maupun setelah lulus.



Perguruan tinggi kedinasan, atau sekolah kedinasan, adalah jenis institusi pendidikan yang penyelenggaraan dan pengelolaannya dilakukan oleh pihak kementerian atau lembaga non-kementerian lainnya di Tanah Air.

Jenis institusi ini juga dikenal dengan sebutan sekolah dengan ikatan dinas. Karakteristik yang paling menonjol dari jenis institusi ini adalah biaya pendidikan yang sering digratiskan, serta jaminan terserapnya lulusan sebagai pegawai di lembaga penyelenggara terkait.



Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 rekomendasi sekolah kedinasan di Sumatera yang dapat menambah daftarmu:

1. Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan

Berlokasi di Jl. Penerbangan No. 85, Sempakata, Medan, Sumatera Utara, sekolah kedinasan pertama yang masuk dalam daftar rekomendasi kita adalah Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan, atau yang biasa juga disebut dengan Poltekbang Medan.

Perguruan tinggi ini memiliki reputasi yang sangat baik, sehingga kamu mungkin harus bersiap-siap dengan proses seleksi yang ketat sedari awal.

Selama mengenyam proses pendidikan di sana, kamu akan diberikan kurikulum dan fasilitas yang mumpuni. Perguruan tinggi berstatus negeri ini memiliki jurusan yang membentuk calon lulusan yang cakap di dunia penerbangan.

2. Politeknik Teknologi Kimia Industri Medan

Bertempat di Jl. Medan Tenggara No. VII, Medan Denai, Sumatera Utara, sekolah kedinasan dengan sebutan yang lebih terkenalnya PTKI beroperasi di bawah naungan Kemenperin RI.

Perguruan tinggi yang telah beroperasi sejak tahun 1986 ini telah berhasil meluluskan lebih dari enam ribu sarjana hingga kini. Para alumninya pun tersebar di seluruh wilayah Tanah Air.

Utamanya, mereka telah berkecimpung di sektor industri miliki pemerintah. Perguruan tinggi ini menyediakan tiga program kuliah berupa Teknik Kimia, Teknik Mekanika, serta Agribisnis Kelapa Sawit, yang masing-masing telah tercatat berpredikat B untuk akreditasinya.

3. Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan Medan

Rekomendasi sekolah kedinasan di Medan selanjutnya berlokasi di Komplek LPP Medan Estate, Deli Serdang, Medan, Sumatera Utara.

Perguruan tinggi yang lebih akrab disebut dengan singkatan STIPAP Medan ini telah dikenal menjadi pencetak lulusan terbaik di bidang pertanian, teknik pertanian, serta manajemen pertanian.

Utamanya, STIPAP menyediakan jenjang D-IV untuk program studinya. Terbaru, pada Februari 2020, STIPAP membuka tiga jurusan baru yang masih berada pada rumpun ilmu pertanian.

Berbagai hubungan kerja sama dan penerapan teknologi terbaru dapat ditemukan di sini sebagai bentuk komitmen STIPAP menyiapkan lulusan berkualitas.

4. Poltekkes Medan

Politeknik Kesehatan Medan bertempat di Jl. Jamin Ginting, No. 13, Medan Tuntungan, Sumatera Utara. Perguruan tinggi ini sangat direkomendasikan sebagai tempat yang sarat akan edukasi di bidang kesehatan.

Beroperasi dalam naungan Kementrian Kesehatan RI, Poltekkes Medan menjadi salah satu penyedia tenaga medis terbanyak di Tanah Air, yang menunjukkan pula bahwa lulusannya telah disiapkan secara profesional untuk dapat terserap langsung di lingkungan kerja.

Untuk program pembelajarannya, Poltekkes Medan menyediakan jurusan berupa Analis Kesehatan, Farmasi, Gigi, Gizi, Kebidanan, Keperawatan, serta Kesehatan Lingkungan.

5. Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar)

Politeknik Pelayaran Sumatera Barat adalah perguruan tinggi negeri pada Kementerian Perhubungan di bawah pembinaan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), yang berkedudukan di Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Pembangunan Poltekpel Sumbar dilakukan atas kerja sama antara BPSDMP dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman.

Poltekpel Sumbar diresmikan oleh Menteri Perhubungan pada 9 Februari 2018 berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor : PM.05 tahun 2018. Yang sebelumnya bernama Balai Pendidikan dan Pelatihan Pelayaran (BP3) Padang Pariaman berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor : PM.124 tahun 2015.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1278 seconds (0.1#10.140)