3 Sekolah Kedinasan Terbaik di Bali dengan Prospek yang Menjanjikan

Kamis, 08 September 2022 - 16:28 WIB
loading...
3 Sekolah Kedinasan Terbaik di Bali dengan Prospek yang Menjanjikan
Sedikitnya ada tiga sekolah kedinasan terbaik di Bali yang perlu diketahui. Foto DOK Poltrada Bali
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tiga sekolah kedinasan terbaik di Bali yang perlu diketahui. Sekolah kedinasan merupakan perguruan tinggi yang berada dalam naungan lembaga pemerintah sebagai penyelenggara pendidikannya.

Sebelumnya, perlu diketahui juga bahwa sekolah kedinasan terbagi ke dalam dua kategori, yaitu sekolah kedinasan dengan ikatan dinas dan sekolah kedinasan dengan non kedinasan.

Baca juga : Inilah 8 Sekolah Kedinasan Terbaik di Jakarta dan Sekitarnya

Di Indonesia sendiri, sebagian besar sekolah kedinasan tidak membebankan biaya pendidikan kepada peserta didiknya. Hal ini membuat peminat sekolah kedinasan semakin bertambah setiap tahunnya dan menjadikan persaingan seleksinya cukup ketat.

Di Bali, juga terdapat beberapa sekolah kedinasan yang bisa menjadi pilihan setelah lulus SMA, SMK, atau yang sederajat. Berikut tiga sekolah kedinasan terbaik di Bali yang perlu diketahui.

1. Politeknik Transportasi Darat Bali (Poltrada Bali)

Politeknik Transportasi Darat Bali atau biasa dikenal Poltrada Bali merupakan sebuah sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Dikutip dari laman resminya, Poltrada Bali awalnya dikenal dengan Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BPPTD) Bali yang berdiri sejak tahun 2002. Kala itu, pendiriannya didasarkan pada Keputusan Menteri Perhubungan Nomor Km 73 tahun 2002 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat.

Sekolah kedinasan ini berlokasi di Jalan Batuyang No.109x Batubulan Kangin, Gianyar Bali. Pada tahun 2019, berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 30 tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Transportasi Darat Bali, BPPTD berubah nomenklatur menjadi Politeknik Transportasi Darat Bali (Poltrada Bali).

Baca juga : 5 Sekolah Kedinasan di Surabaya, Nomor 3 Paling Bergengsi

2. Politeknik Kesehatan Denpasar

Politeknik Kesehatan Denpasar, Bali merupakan institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan di bawah Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPPSDM) Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Mereka menyelenggarakan program pendidikan Diploma III dan Diploma IV. Dikutip dari situs resminya, Politeknik Kesehatan Denpasar didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial RI Nomor: 298/Men.Kes-Kesos/SK/IV/2001 tanggal 16 April 2001 sebagai wadah lima akademisi kesehatan di Provinsi Bali.

Sekolah kedinasan ini menyediakan beberapa jurusan, di antaranya adalah Keperawatan, Kesehatan Gigi, Kebidanan, Jurusan Gizi, Kesehatan Lingkungan, serta Analis Kesehatan.

3. Politeknik Pariwisata Bali

Politeknik Pariwisata Bali didirikan pada tahun 1978 di kawasan Nusa Dua Bali. Dikutip dari laman resminya, Poltekpar Bali merupakan perguruan tinggi vokasi di bawah naungan Kemenparekraf yang telah mengalami perubahan status dari Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali pada 21 Oktober 2019.

Politeknik Pariwisata Bali menyediakan berbagai jenjang pendidikan yang meliputi Diploma III, Diploma IV, hingga program Magister (S2). Beberapa jurusan yang dimiliki diantaranya adalah D3 Manajemen Tata Boga, D4 Manajemen Bisnis Perjalanan, dan masih banyak lainnya.

Demikian ulasan mengenai sekolah kedinasan terbaik di Bali yang perlu diketahui.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2259 seconds (0.1#10.140)